Iblis tidak menyiksa jiwa di neraka

Posted: November 27, 2012 in Apologia

Shalom..
Dalam berbagai kesaksian tentang neraka yang sering kita dengarkan dari orang-orang yang mengklaim dirinya pernah dibawah ke neraka, ada beberapa kesaksian yang menggambarkan kondisi jiwa-jiwa di neraka yang di siksa oleh iblis yang mereka gambarkan sebagai penguasa di neraka. Benarkah kesaksian tersebut Alkitabiah..? Dalam Alkitab Perjanjian Lama Ibrani, kata yang di gunakan untuk menggambarkan Neraka hanya ada satu kata saja yaitu kata Ibrani ” שאול  – she’ol (syin – alef – vav – lamed). Alkitab terjemahan Indonesia menerjemahkan she’ol sebagai “dunia orang mati” (Lih. Kej. 37:35 ; Bil. 16:30,33 ; Yes. 14:15 ; Yunus 14:15 ; dll). Namun dalam Perjanjian Baru yang ditulis dalam bahas Yunani, neraka di gambarkan dengan lebih rinci lagi yaitu dengan 3 tingkatan sebagai berikut :

1. αδης – hades, yaitu tempat penantian sebelum penghakiman.

2. γεεννα – gehenna, yaitu neraka tempat manusia berdosa di lemparkan sesudah penghakiman.

3. ταρταροω – tartaros, yaitu neraka tempatnya para iblis dan nabi-nabi palsu di hukum.

Nah, sekarang siapakah yang menyiksa jiwa-jiwa di neraka menurut Alkitab? Memang kita banyak kali mendengar penafsiran ataupun kesaksian yang mengatakan bahwa Iblis berkuasa menyiksa jiwa di Neraka.. Kesaksian-kesaksian tersebut berani kami katakan tidak benar, karena tidak Alkitabiah. Alkitab menulis bahwa Iblis pun di hukum di dalam Neraka.

Wahyu 20:10
Dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Jadi menurut Alkitab, iblis sama sekali tidak mempunyai hak untuk menyiksa di neraka, karena Iblis pun ikut di hukum bersama orang-orang berdosa yang sudah di sesatkan mereka (Iblis).. Kalau begitu siapa yang menghukum jiwa di Neraka? Mari kita lihat petunjuk dalam Alkitab yg bisa menjawab pertanyaan di atas.. Ada sebuah kisah tentang orang kaya yang sombong dan Lazarus yang miskin (Lihat Lukas 16:19-31). Kisah ini menggambarkan penderitaan orang kaya yg sombong tersebut di Hades.. Siapakah yang menyiksanya ? Jawabannya ada pada ayat ke 24,

Lukas 19:24
Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.

Alkitab menulis bahwa yang menyiksa jiwa-jiwa di Neraka bukan Iblis ataupun Malaikat Tuhan melainkan “api yang kekal”.  Jadi, jika anda mendengar kesaksian banyak orang tentang Neraka yang menyatakan bahwa mereka melihat iblis menyiksa jiwa2 di Neraka, sungguhlah amat meragukan karena tidak Alkitabiah. Alkitab menulis bahwa yang menyiksa jiwa-jiwa di Neraka yaitu “Nyala Api Kekal”. Malaikat Tuhan di sebutkan akan “di suruh mengumpulkan” mereka yang menyesatkan tersebut, namun tidak di tulis bahwa Malaikat Tuhan menghukum mereka.

Matius 13:40-41
40) Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman.
41) Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam kerajaan-Nya.

Malaikat Tuhan bertugas untuk mencampakkan jiwa-jiwa yang berdosa ke dalam Neraka namun tidak di tuliskan bahwa merekalah yang menghukum jiwa di Neraka, sebab Alkitab berulang kali menulis bahwa yang menyiksa jiwa-jiwa di Neraka adalah “Nyala Api Kekal”.

Wahyu 20:10
dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang , yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Yudas 1:7
Sama seperti sodom dan gomora dan kota-kota sekitarnya, yang dengan cara yang sama melakukan percabulan dan mengejar kepuasan-kepuasan yang tak wajar, telah menanggung siksaan api kekal sebagai peringatan kepada semua orang.

Matius 13:49-50
49) demikianlah juga pada akhir zaman: malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,
50) lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

Lukas 16:24
Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.

Semoga bisa menambah wawasan..
God Bless..

Komentar
  1. matthew mark mengatakan:

    Kesaksian ttg iblis/setan/roh jahat yg melakukan penyiksaan di neraka TIDAK didapat HANYA dari 1 atau 2 orang saja,tapi banyak! Sulit utk mengabaikannya begitu saja!
    Menurut hemat saya,walaupun hal tersebut tidak tercatat secara rinci dlm alkitab’bukan berarti itu tidak mungkin!

    Iblis/setan/roh jahat PASTI akan mendapat hukumannya(sesuai kesaksian alkitab);mungkin apa yg mereka lakukan(=penyiksaan thdp jiwa2 d neraka)’dilakukan dlm jangka waktu sebelum mereka menerima hukuman utk mrk sendiri!

    n.b : Ada atau tidaknya penyiksaan oleh iblis dll di neraka’bagi saya,tidak merubah KENYATAAN bahwa neraka adlh TEMPAT YG SANGAT MENGERIKAN&MENYENGSARAKAN yg tidak diinginkan TUHAN utk kita masuki/tinggal!

  2. jekzenronaldkewas77 mengatakan:

    Shalom Mark..
    Terlepas dari berapa banyak pun org yg mengakui itu tidak harus menjadikannya suatu kebenaran apalagi jika BERTENTANGAN dengan kesaksian Alkitab. Ada bnyak buku atau kitab lain yg mengisahkan neraka spt itu, tapi tidak menurut Alkitab.

    Menurut Alkitab, iblis TIDAK PUNYA WAKTU untuk berkuasa atau menyksa jiwa di neraka sebab ketika dilemparkan ke dalam neraka, mereka akan DISIKSA SIANG DAN MALAM SAMPAI SELAMA2NYA (Wahyu 20:10).

  3. jekzenronaldkewas77 mengatakan:

    Dan bro Mark, sebenarnya dalam Alkitab perjanjian baru, neraka tempat manusia berdosa dihukum dan neraka tempat iblis dan antek2nya di hukum, berbeda tempat. Dalam bahasa penulisan PB yaitu bahasa Yunani, neraka tempat jiwa2 manusia berdosa dihukum SESUDAH penghakiman disebut “Gehenna”, sedangkan neraka tempat iblis dan antek2nya dihukum disebut “Tartaros”.. Jadi Iblis tdak mungkin menyiksa jiwa berdosa sebab iblis dihukum ditempat berbeda dengan hukuman yg sama yaitu dngan API KEKAL.

  4. jekzenronaldkewas77 mengatakan:

    Saya paham perasaan anda bro Mark yaitu skarang bnyak yg memberi kesaksian spt ini dari kalangan pendeta2 Kristen yg kita hormati. TAPI jabatan kependetaan seseorang tdk harus berarti bhwa ia harus benar apalagi jika harus bertentangan dgn kesaksian Alkitab. Jadi tidak mungkin harus pendeta itu benar dan Alkitab yg salah, tapi sebaliknya.. Sekarang kita harus tegas bro yaitu menyampaikan yg sesuai dgn kesaksian Alkitab sbg SATU2NYA sumber kebenaran dan untuk MENGUJI segala sesuatu dgn tolak ukur ALKITABIAH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s