Yudas menurut persepektif islam dan kristen

Posted: Oktober 29, 2012 in Tanya - Jawab tentang Alkitab

Tanya :
Menurut Al-Quran, Yudas adalah org yg disalib karena diserupakan dengan Yesus. Siapakah yudas menurut orang kristen..?

Christian Answer :

Tentang sosok Yudas Iskariot menurut Alkitab yaitu dia adalah salah satu dari ke-12 murid Yesus yang pada akhirnya memilih untuk berkhianat dan menjual Yesus demi sejumlah uang. Dalam kelompok rasul, disebutkan bahwa Yudas adalah seorang bendahara..

Yohanes 13:29
Karena Yudas memegang kas ada yang menyangka, bahwa Yesus menyuruh dia membeli apa-apa yang perlu untuk perayaan itu, atau memberi apa-apa kepada orang miskin.

Sementara dalam ayat injil Yohanes yang lain menyebut dia sebagai pencuri, terutama, menurut dugaan, ia menggelapkan uang yang dipercayakan kepadanya. Ketamakan Yudas Iskariot banyak di gambarkan dalam Injil Yohanes, misalnya ketika ia mencela tindakan Maria meminyaki kaki Yesus dengan minyak yang sangat mahal.

Yohanes 12:4-6
12:4 Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata:
12:5 “Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?”
12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.

Dilihat dari sifatnya, Yudas hanya melihat sesuatu yang dapat menambah dana rasul-rasul, dan dengan demikian menambah isi kantongnya sendiri. Bahkan kepalsuan hatinya dipoles lagi dengan mengatakan bahwa uang itu dapat diberikan untuk membantu orang miskin. Jadi bukan hanya sifat tamak yang ada dalam diri Yudas tapi juga ditambah lagi dengan sifat penipuan. Segera sesudah peristiwa di Betania ini Yudas menghadap imam-imam kepala untuk mengkhianati Yesus. Injil Markus menyajikan fakta pengkhianatan itu, dan menambahkan bahwa imam-imam berjanji akan memberikan uang kepadanya. Injil Matius mencatat jumlah uang itu, mungkin sebagian dari jumlah yang disepakati. Injil Lukas menyajikan arti yang mendalam dari tindakan itu, dengan menceritakan bahwa Iblis masuk ke dalam hati Yudas dan membisikkan dosanya yang menjijikkan itu. Itulah sosok Yudas yang di tulis dalam Alkitab..

Umat muslim menurut keyakinannya sering mengait-ngaitkan sosok Yudas yaitu seorang yang diserupakan dengan Yesus dan mengganti Yesus di salib. Namun sebenarnya tidak ada kisah dalam Alkitab dan dari sumber lainnya yang menuliskan bahwa orang yang di salib adalah Yudas.. Dan juga sbenarnya dalam Al-Quran sendiri pun tidak menyebutkan nama Yudas sebagai orang yang di salibkan karena di serupakan dengan Yesus. Pemahaman itu datang dari spekulasi dan penafsiran beberapa sarjana muslim yang bahkan tanpa dasar yang jelas.. Dalam Alkitab di tulis jelas bahwa yang di salib adalah Yesus, dan bahkan jauh sebelumnya hal itu terjadi, peristiwa tersebut sudah di nubuatkan oleh para nabi terdahulu.

God Bless..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s