Memiliki dan mempertahankan integritas kekristenan (Renungan Rohani)

Posted: Oktober 29, 2012 in Renungan Rohani

1 Yohanes 2:6
Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Shalom..
Tentunya rekan² sekalian sudah sering mendengar kata “Integritas”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Integritas memiliki definisi sebagai “mutu, sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg memancarkan kewibawaan, kejujuran. Jadi pada dasarnya Integritas berbicara tentang karakter atau kepribadian seseorang untuk menjaga suatu keutuhan.

Dalam kekristenan karakter Kristus adalah merupakan dasar dari segala sikap hidup orang percaya. Karena itu semua umat Kristen dituntut wajib memiliki integritas agar bisa menjaga keutuhan kehidupan rohaninya. Untuk memiliki Integritas kekristenan yang benar, seorang Kristen harus meneladani dan mencontohi karakter Kristus. Ketika dicaci Dia tidak membalas mencaci, ketika dikutuk Dia malah memberkati, dan ketika Ia disiksa dengan begitu kejinya Dia mengampuni. Kristus adalah perwujudan karakter Allah yang Maha Pengasih. Allah menginginkan kehidupan rohani kita berdasar pada karakternya Kristus, agar supaya kita mampu mewujudkan sikap seorang Kristen yang benar. Seorang Kristen harus sanggup untuk mengasihi tanpa harus menuntut balasan, dan seorang Kristen juga harus sanggup untuk hidup dalam kekudusan walaupun ditengah² dunia yang gelap dengan berbagai pencobaan dan banyak tekanan.

Nah, ketika kita sudah memiliki Integritas tersebut maka yang harus kita lakukan adalah mempertahankan integritas yang telah kita miliki. Ada sebuah kisah tentang 3 orang pemuda yang mati²an mempertahankan integritas yang mereka miliki. Kisah tersebut menceritakan tentang seorang raja yg membuat patung berhala dan memerintahkan seluruh rakyatnya termasuk ketiga pemuda tersebut untuk menyembah patung berhalanya itu. Hukuman yang diberlakukan bagi siapapun yang tidak menyembah patung tersebut adalah di lemparkan kedalam dapur api yang menyala-nyala. Namun apa yg terjadi, ketiga pemuda tersebut tidak menuruti perintah raja dan lebih memilih dihukum dalam dapur api daripada menyembah patung berhala tersebut. Mereka berkata kepada raja : “Jika Allah yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu ya raja. Tetapi seandainya pun tidak, ketahuilah bahwa kami tidak akan memuja dan menyembah patung berhala tersebut.”

Kisah diatas adalah kisah nyata yang dituliskan dalam Alkitab. Ketiga pemuda tersebut bernama Sadrakh, Mesakh, dan Abednego (Daniel 3:1-30). Seperti halnya Daniel, mereka bertiga memiliki komitmen untuk menjaga kehidupan mereka untuk tetap kudus di hadapan Allah. Mereka tidak berkompromi terhadap dosa dan ajaran yang menyesatkan, melainkan mati-matian mempertahankan integritas yg mereka miliki.

Nah sahabat Kristen, sudakah anda memiliki integritas kekristenan yang benar..??? Milikilah integritas itu dalam Kristus yaitu dengan meneladani karakter hidup-Nya. Mari kita bangun integritas kekristenan kita dengan prinsip yg kuat, kesatuan hati, pikiran, perkataan dan setiap perbuatan yang berkenan kepada Allah. Kita harus berani berkata jujur dan berusaha menjalin hubungan yg lebih baik dengan orang-orang disekitar kita. Jika kita sudah memiliki itu, buatlah sebuah komitmen untuk mempertahankan integritas yang kita miliki seperti yg dilakukan Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego. Buatlah komitmen untuk menjaga hidup tetap kudus di hadapan Allah walaupun dalam banyak tekanan dan berbagai pencobaan.. Ingat, Kristus menginginkan kita untuk harus sempurna sama seperti Bapa.

Matius 5:48
Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.

God Bless..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s