Bagaimana bentuk tubuh ilahi Kristus di sorga ?

Posted: Oktober 29, 2012 in Tanya - Jawab tentang Alkitab
Tag:,

Tanya :
Apakah di surga Tuhan Yesus bersama-sama dengan Allah Bapa dalam wujud fisik, sementara Allah itu adalah Roh?

Christian Answer :

Mengenai hal ini tidak di sebutkan jelas dalam Alkitab. Sepenuhnya hal itu adalah rahasia Kerajaan Allah dan sangat sedikit petunjuk dalam Alkitab mengenai hal tersebut. Alkitab menulis bahwa ada beberapa hal yang tersembunyi ialah bagi Tuhan.

Ulangan 29:29
Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapai hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini.

Namun ada beberapa kisah dalam Alkitab yang mungkin bisa kita jadikan tolak ukur dalam memberikan sedikit penjelasan soal ini.. Yang pertama, mari kita merujuk pada tuntuh makhluk sorgawi lainnya yaitu Malaikat. Dalam kejadian 32 dan Hakim-Hakim 6, Alkitab mencatat kisah tentang pertemuan Yakub dan Gideon dengan Malaikat Tuhan dalam wujud manusia.. Malaikat sebenarnya tidak memiliki bentuk fisik seperti manusia yang memiliki daging dan darah. Dalam kisah ini kita bisa melihat bahwa tubuh makhluk sorgawi seperti malaikat Tuhan ternyata bisa dalam wujud manusia ketika mereka berada di bumi menjalankan tugas dari Allah. Namun tentunya kita bisa simpulkan bahwa ketika mereka kembali ke sorga, mereka kembali wujud sebelumnya.. Jadi makhluk sorgawi seperti Malaikat Tuhan pun bisa menggunakan dua tubuh berbeda di alam yang berbeda yaitu alam surgawi dan alam dunia..

Nah, Yesus itu sendiri adalah Allah dan jelas kedudukan dan kekuasaan-Nya jauh melebihi malaikat-malaikat sogawi.

Ibrani 1:3-7
1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,
1:4 jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.
1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: “Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?” dan “Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?”
1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: “Semua malaikat Allah harus menyembah Dia.”
1:7 Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: “Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api.”

Jika para malaikat saja bisa, mengapa Yesus yang tentunya kekuasaan dan kedudukan-Nya jauh lebih tinggi dari para malaikat tidak bisa melakukannya.?

Umat Kristen juga mengimani seperti yang apa tertulis dalam Alkitab bahwa Yesus kembali ke sorga dalam tubuh jasmani-Nya yang kekal. Namun dalam pertemuan antara Yesus dengan Saulus dalam perjalananya ke Damsyik dituliskan bahwa wujud Yesus adalah seperti cahaya yang memancar dari langit. Jelas saat itu Yesus datang kepada Saulus dalam wujud Roh..

Kisah Para Rasul 9:3-5
9:3 Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.
9:4 Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: “Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?”
9:5 Jawab Saulus: “Siapakah Engkau, Tuhan?” Kata-Nya: “Akulah Yesus yang kauaniaya itu.

Jadi berdasarkan semuanya ini kita bisa simpulkan bahwa Yesus di sorga tidak dibatasi oleh tubuh atau wujud. Yesus memiliki kedua wujud tubuh tersebut yaitu tubuh jasmani yang kekal dan tubuh Roh-Nya..

Tuhan Memberkati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s