Apakah Sang Penolong (Parakletos) dalam Yohanes 14:16 adalah seorang manusia?

Posted: Oktober 29, 2012 in Tanya - Jawab tentang Alkitab

Tanya :
Mengapa dalam Yohanes 14:16 dituliskan “.. dan Ia akan memberikan kepadamu ”seorang penolong” yang lain, supaya Ia menyertai kamu selamanya.” Secara akal sehat, dituliskan “seorang” tetapi yang datang itu roh,  sedangkan roh itu angin atau sesuatu yang tidak natural tidak alami bukan berbentuk fisik, tapi “seorang” jelas menunjuk kepada bentuk, fisik, dan natural ..

Christian Answer :

Yohanes 14:16
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selamanya.

KJV : And I will pray the Father, and he shall give you “another Comforter”, that he may abide with you for ever;

Greek (TR) : και εγω ερωτησω τον πατερα και αλλον παρακλητον δωσει υμιν ινα μενη μεθ υμων εις τον αιωνα

Transliterasi : kagō erōtēsō ton patera kai allon paraklēton dōsei umin, ina ē meth umōn eis ton aiōna

Pihak LAI menerjemahkan kata παρακλητον –  paraklēton sebagai seorang penolong (personal), karena parakletos yang akan datang tersebut merujuk pada to pneuma tês alêtheias (Roh Kebenaran).

Yohanes 14:16-17
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selamanya,
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Parakletos (Sang Penolong) adalah merupakan sifat dari Roh Kudus yang akan datang yang sama seperti pneuma tês alêtheias (Roh Kebenaran). Baik Parakletos maupun pneuma tês alêtheias itu merujuk pada sifat Roh Kudus yang di janjikan Yesus kepada murid-murid Nya. Untuk mengapa terjemahan LAI-TB menyebutkan “seorang“, yaitu adalah karena parakletos menyatakan sebuah pribadi (personal), namun pribadi tersebut jelas tidak dinyatakan sebagai wujud manusia melainkan Roh yaitu Roh Kudus. Roh Kudus adalah suatu pribadi/personifikasi dari kejamakan Allah.

God Bless..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s