Mengapa doa saya tidak dijawab Tuhan ? (Renungan Rohani)

Posted: Oktober 23, 2012 in Renungan Rohani

Shalom sobat Kristus..
Mungkin ditengah-tengah kehidupan kekristenan kita dalam suatu kondisi dimana kita berdoa sungguh-sungguh dan berharap Tuhan menjawab doa kita namun apa yang kita harapkan tidak kunjung terjawab. Dalam situasi itu sering kali kita bertanya, mengapa doa saya tidak dijawab Tuhan? Bukankah Tuhan Yesus berkata bahwa Ia akan mendengarkan semua doa ?


Yohanes 16:24b

Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Lukas 11:9
Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 

Memang benar,, Alkitab mengajarkan bahwa Tuhan akan menjawab semua doa orang yang percaya kepada-Nya. Namun mesti di ingat, Alkitab juga mengajarkan bahwa ada beberapa kondisi yang membuat doa kita tidak dijawab Tuhan. Nah takutnya dalam kondisi ini yang terjadi yaitu justru kita yang mulai menyalahkan Tuhan karena doa kita tidak dijawab Tuhan. Hati-hati, jangan sampai dalam kondisi tersebut si iblis yg jahat malah mencuri kemuliaan yang diberikan kepada kita karena kita mulai menyalahkan Tuhan. Sebaliknya marilah kita introspeksi diri dan belajar Firman Tuhan agar supaya doa kita bisa dijawab Tuhan..
Ada pun beberapa hal yang membuat doa kita tidak dijawab Tuhan seperti yang Alkitab tuliskan yaitu :

1. Karena dosa yang memisahkan kita dengan Tuhan
Yesaya 59:1-2

“Sesungguhnya, tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu, ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengarmu, ialah segala dosamu.”

Makanya kalau kita berdoa, akui dan mohon ampun atas segala pelanggaran dan dosa yang kita perbuat dan belajarlah mengampuni kesalah sesama kita, seperti doa yang Tuhan Yesus ajarkan : “dan ampunilah kami atas kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami” (Matius 6:12).


2. Karena doa kita “salah” dan inginnya yang muluk-muluk.

Yakobus 4:3
Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Doa tidak dijawab Tuhan akibat kita salah berdoa.. Karena motivasi berdoa kita salah, inginnya yg muluk-muluk dan pemuasan nafsu pribadi kita makanya kita lebih suka meminta sesuai dengan apa maunya kita (egois) bukan menerima apa maunya Tuhan dalam kehidupan kita. Tuhan Yesus sendiri mengajarkan kita berdoa untuk menyerahkan semuanya kepada kehendak Tuhan : “jadilah kehendak-Mu dibumi seperti disorga” (Matius 6:10b).


3. Karena kita hanya mau meminta tapi tidak pernah mau untuk membantu sesamayang membutuhkan pertolongan.

Amsal 21:13
“Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban kalau ia sendiri berseru-seru.”

Ingat, Tuhan tidak mau menjawab doa seseorang yg hanya mau meminta dan meminta tapi dalam realitas kehidupan rohaninya tidak mau membantu sesama.. Tuhan tidak mendengarkan doa orang yang tidak pernah berbagi kasih dengan sesamanya yg membutuhkan pertolongan.

Jadi pertanyaanya yaitu bagaimanakah supaya doa kita dijawab Tuhan?

Yohanes 15:7
“Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”

Matius 21:22
“Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”

Yakobus 1:6-8
“Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian kemari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.”

Jadi, Tuhan menjanjikan akan memberikan apa saja yang kita minta yaitu jika kita hidup dalam Firman-Nya, menjadi pelaku-pelaku Firman yang setia dan berdoa dengan benar dan tidak bersungut-sungut kalau berdoa sebab Tuhan tidak mendengarkan doa orang yang bimbang..
So, marilah kita belajar berdoa dengan benar supaya Tuhan menjawab segala kebutuhan kita dalam doa kepada-Nya.

Semoga renungan singkat ini bisa menjadi berkat untuk kita sekalian.
🙂

Tuhan Yesus Memberkati

Komentar
  1. Martin J Potter mengatakan:

    I always appreciate a great article or piece of writing. Thanks for the contribution.

  2. Hadia mengatakan:

    Berdoalah agar kehendajNya yang terutama terjadi atas kita dan prinsipnya adalah kata ” JOY ” yaitu Jesus First, Other second and you last

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s