Mengapa dalam Hakim-Hakim 17:2-3 ibu Mikha menguduskan uang untuk membangun patung berhala?

Posted: Oktober 17, 2012 in Tanya - Jawab tentang Alkitab

Tanya :
Apa maksud firman Tuhan yg ada di Hakim-Hakim 17, seakan-akan Tuhan menguduskan uang untuk membangun patung berhala dan tdk menggubris Patung buatan Mikha tersebut. Tolong penjelasannya. JBU

Christian Answer :
Shalom..
Hakim-Hakim 17:1-21 menceritakan konteks tentang periode para hakim bangsa Israel dimana kehidupan sosial bangsa Israel ada dalam kesesatan. Mereka mengadakan berbagai ritual upacara-upacara yang sesat yaitu penyembahan berhala. Mereka menolak jalan Allah sehingga menimbulkan kekacauan yang bahkan berujung pada kematian.
Ayat yang mungkin dipertanyakan yaitu ayat 2 dan 3 :

Hakim-Hakim 17:2-3
17:2 Berkatalah ia kepada ibunya: “Uang perak yang seribu seratus itu, yang diambil orang dari padamu dan yang karena itu kau ucapkan kutuk– aku sendiri mendengar ucapanmu itu–memang uang itu ada padaku, akulah yang mengambilnya.” Lalu kata ibunya: “Diberkatilah kiranya anakku oleh TUHAN.”
17:3 Sesudah itu dikembalikannyalah uang perak yang seribu seratus itu kepada ibunya. Tetapi ibunya berkata: “Aku mau menguduskan uang itu bagi TUHAN, aku menyerahkannya untuk anakku, supaya dibuat patung pahatan dan patung tuangan dari pada uang itu. Maka sekarang, uang itu kukembalikan kepadamu.”

Konteks dalam kisah diatas bukanlah dalam artian bahwa Tuhan mengabaikan dosa dan pelanggaran yang di buat Mikha, namun konteks dalam Hakim-Hakim 17 berbicara tentang kehidupan sosial bangsa Israel yang pada waktu itu menganggap bahwa apa yang diperbuat oleh mereka yang menurutnya benar, adalah sebuah kebenaran.

Hakim-Hakim 17:6
Pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri.

Jadi kebenaran yang dimaksud bukan dalam artian bahwa Tuhan membenarkan apa yang mereka lakukan namun sebaliknya yaitu mereka membenarkan apa yang mereka lakukan sendiri.. Demikian juga dengan Mikha yang mengangap apa yang diperbuatnya adalah benar seperti membuat kuil berhala dan mengangkat anaknya menjadi imam.

Hakim-Hakim 17:5
Mikha ini mempunyai kuil. Dibuatnyalah efod dan terafim, ditahbiskannya salah seorang anaknya laki-laki, yang menjadi imamnya.

Hakim-Hakim 17:13
Lalu kata Mikha: “Sekarang tahulah aku, bahwa TUHAN akan berbuat baik kepadaku, karena ada seorang Lewi menjadi imamku.”

Dosa-dosa yang diperbuat Mikha dan ibunya yaitu membuat kuil dan mengangkat anaknya sendiri menjadi Imam, mencuri uang ibunya, ibunya membuat patung berhala, bahkanibunya menguduskan uang tersebut untuk membangun berhala. Namun pikir mereka semua perbuatan tersebut benar di mata Tuhan. Padahal tidak demikian karena jelas Tuhan sangat membenci segala perbuatan mereka. Namun itulah yang terjadi dalam kondisi sosial bangsa Israel pada masa itu yang menganggap apa yang mereka lakukan pasti benar (ayat 6). Apa yang benar dimata manusia belum tentu benar dimata Tuhan.

Jadi intinya yaitu bahwa Mikha berpikir dengan mengangkat anaknya menjadi Imam dan dengan mentahbiskan seorang Lewi yang kemudian dianggap anaknya menjadi Imam adalah sesuatu yang baik di mata Tuhan.. Begitu juga dengan ibunya yang berpikir bahwa uang untuk membangun patung berhala harus dikuduskan di hadapan Tuhan.  Padahal jelas pemikiran mereka keliru dan jahat dimata Tuhan. Tuhan sangat membenci pemikiran seperti itu dan itu adalah hal yang jahat dimata Tuhan.

Hakim-hakim 10:6
Orang Israel itu melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; mereka beribadah kepada para Baal dan para Asytoret, kepada para allah orang Aram, para allah orang Sidon, para allah orang Moab, para allah bani Amon dan para allah orang Filistin, tetapi TUHAN ditinggalkan mereka dan kepada Dia mereka tidak beribadah.

Tuhan memberkati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s