Berapa jumlah pasukan berkuda yang di tawan Daud ? (menjawab tuduhan kontradiksi)

Posted: Oktober 17, 2012 in Tanya - Jawab tentang Alkitab

Tanya :
Berapa jumlah pasukan berkuda yang di tawan Daud ?
Dalam 2 Samuel 8:4 ditulis jumlah tawanan pasukan berkuda 1700 orang sedangkan 1 Tawarikh 18:4 menulis jumlahnya 7000 orang (??)

Christian Answer :
Shalom..

2 Samuel 8:4
Daud menawan dari padanya seribu tujuh ratus orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta.

וַיִּלְכֹּד דָּוִד מִמֶּנּוּ אֶלֶף וּשְׁבַע־מֵאֹות פָּרָשִׁים וְעֶשְׂרִים אֶלֶף אִישׁ רַגְלִי וַיְעַקֵּר דָּוִד אֶת־כָּל־הָרֶכֶב וַיֹּותֵר מִמֶּנּוּ מֵאָה רָכֶב׃

VAYILKOD DÂVID MIMENU ‘ELEF USYEVA’-MÊ’OT PÂRÂSYÏM VE’ESRÏM ‘ELEF ‘ÏSY RAGLÏ VAY’AQÊR DÂVID ‘ET-KÂL-HÂREKHEV VAYOTÊR MIMENU MÊ’ÂH RÂKHEV

1 Tawarikh 18:4
Daud merebut dari padanya seribu kereta, tujuh ribu orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta.

וַיִּלְכֹּד דָּוִיד מִמֶּנּוּ אֶלֶף רֶכֶב וְשִׁבְעַת אֲלָפִים פָּרָשִׁים וְעֶשְׂרִים אֶלֶף אִישׁ רַגְלִי וַיְעַקֵּר דָּוִיד אֶת־כָּל־הָרֶכֶב וַיֹּותֵר מִמֶּנּוּ מֵאָה רָכֶב׃

VAYILKOD DÂVÏD MIMENU ‘ELEF REKHEV VESYIV’AT ‘ALÂFÏM PÂRÂSYÏM VE’ESRÏM ‘ELEF ‘ÏSY RAGLÏ VAY’AQÊR DÂVÏD ‘ET-KÂL-HÂREKHEV VAYOTÊR MIMENU MÊ’ÂH RÂKHEV

Ini bukanlah suatu kesalahan.. Kitab Samuel dan kitab Tawarikh ditulis oleh orang berbeda dan jangka waktu penulisan antara kedua kitab ini pun terpaut periodewaktu yang jauh karena Kitab Tawarikh ditulis belakangan.  Walaupun kelihatan sama, namun hal yang harus kita pahami dari maksud kedua penulis tersebut adalah penggunaan istilah “pasukan berdua”.

Penulis kitab Samuel menggunakan istilah pasukan berkuda hanya merujuk kepada para prajurit penunggang kuda yang tidak termasuk prajurit kereta kuda. Ada 2 kelompok pasukan berkuda dalam jumlah ini yaitu pasukan penunggang kuda dan pasukan kereta kuda (Lihat 1 Samuel 13:5 dan 2 Samuel 10:5).

Disini kita bisa membandingkannya yaitu penulis kitab Tawarikh menggunakan istilah pasukan berkuda mencakup seluruhnya yaitu pasukan berkuda dan pasukan yang berperang dengan kereta kuda (band. 1 Tawarikh 19:6).
Perhatikan juga bahwa dalam 2 Samuel 8:4 tidak menyebutkan berapa jumlah pasukan kereta kuda. Dalam ayat tersebut hanya mengindikasikan adanya kereta kuda yang ditawan tapi tidak menyebutkan berapa jumlahnya pasukannya..
Tentunya dengan maksud yang berbeda tersebut kita bisa menyimpulkan hal tersebut bukanlah sebuah kontradiksi..

Semoga bermanfaat

Tuhan memberkati.

Tinggalkan komentar