Bagaimana cara berpuasa orang Kristen berpuasa?

Posted: Oktober 17, 2012 in Tanya - Jawab tentang Alkitab
Tanya :
Bagaimana sich cara berpuasa orang Kristen itu? Di bulan apa dan dari jam berapa sampai jam berapa?
Mohon penjelasannya..


Christian Answer :

Shalom..
Bagi orang Kristen, puasa bukanlah sebuah ritual yang didasarkan pada tradisi rutin tapi tentang pendekatan dan penyesalan diri dalam pertobatan dan dikaitkan dengan doa dalam usaha mendekatkan diri lebih kepada Tuhan (Lih. 1 Raja-Raja 21:27 ; Mazmur 35:13), atau meminta kuasa dalam memerangi kuasa-kuasa Iblis (Lih. Matius 17:21 ; Markus 9:29).
Puasa merupakan ungkapan lahir dari hati yang sungguh-sungguh dan bertobat serta merendahkan diri di hadapan Allah, melepaskan belenggu-belenggu dosa yang membelenggu hati, pikiran dan perbuatan kita, dan tentang perbuatan baik kita bagi sesama kita yang membutuhkan.

Yesaya 58:6-7
58:6 Bukan! Berpuasa yang kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang-orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk,
58:7 supaya engkau memecah- mecahkan rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!”

Mungkin ada sahabat-sahabat Kristiani yang sudah berdoa dan berpuasa untuk suatu harapan namun belum di jawab oleh Tuhan.. Jika puasa dan doa kita belum mendapat jawaban dari Tuhan, jangan kita langsung menyalahkan Tuhan dan berpikir seakan-akan Tuhan acuh tak acuh dan tidak memperhatikan kita. Tapi marilah kita berbenah diri dengan melihat kedalam pribadi kita, apakah yang membuat Tuhan belum menjawab doa dan puasa kita. Salah satu jurang pemisah antara kita dengan Allah adalah dosa dan kejahatan kita dan itulah yang membuat Allah tidak mendengarkan kita.

Yesaya 59:1-2
59:1 “Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaranNya tidak kurang tajam untuk mendengar;
59:2 tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga ia tidak mau mendengar, ialah segala dosamu.”

Orang Kristen tidak terikat waktu yang ditentukan untuk berdoa dan berpuasa (kecuali dalam event-event khusus). Jadi ketika kita berdoa puasa, gunakanlah waktu yang tepat dimana benar-benar kita menyerahkan diri pada-Nya dan melepaskan belenggu-belenggu dosa yang membelenggu hati, pikiran dan perbuatan kita, supaya doa dan puasa kita tidak sia-sia di hadapan-Nya.

Tuhan memberkati

Komentar
  1. ivan mengatakan:

    syallom…saya ada sedikit pertanyaan…apakah umat nasrani boleh berpuasa pada hari minggu…terima kasih sebelumnya…GBU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s