Benarkah nubuatan dalam Yesaya 53:10 mengindikasikan Yesus akan menikah dan mempunyai keturunan ?

Posted: Oktober 12, 2012 in Tanya - Jawab tentang Alkitab

Tanya :

Shalom..
Mau bertanya tentang nubuat dalam Yesaya 53:10.. Beberapa orang dari kalanagn non Kristen mengklaim ini sebagai nubuat bahwa Yesus pernah menikah dan mempunyai keturunan.. Mohon penjelasannya..

Christian Answer :

Shalom..
Tentu saja itu klaim tersebut tidak benar. Tidak ada satu pun bagian dari kitab perjanjian baru yang menuliskan bahwa Yesus pernah menikah dan mempunyai keturunan. Begitu juga tidak ayat nubuatan dalam Perjanjian Lama yang menyatakan bahwa Yesus akan menikah dan mempunyai anak cucu. Tentang Yesaya 53:10 tertulis demikian :
 

Yesaya 53:10
Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.

וַיהוָה חָפֵץ דַּכְּאֹו הֶחֱלִי אִם־תָּשִׂים אָשָׁם נַפְשֹׁו יִרְאֶה זֶרַע יַאֲרִיךְ יָמִים וְחֵפֶץ יְהוָה בְּיָדֹו יִצְלָח׃

VAYEHOVAH KHAFETS DAKO HEKHELI ‘IM TASIM ‘ASYAM NAFSYO YIR’EH ZE’RAH YA’ARIKH YAMIM VE’KHEFETS YEHOVAH BEYADO YITSLAKH


Memang benar bahwa ayat diatas adalah  merupakan “Messianic Prophecy” atau nubuatan dalam perjanjian lama yang menggambarkan tentang sang Mesias yang dijanjikan yaitu Yesus Kristus.. Namun ada beberapa kekeliruan dari para  pengkritik dalam menafsirkan ayat tersebut terutama beberapa frasa kata yang ditafsirkan secara gamblang dalam ayat nubuatan tersebut. Dibawah ini kami akan jelaskan pemahaman dari Yesaya 53:10.( Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan )
Bagian ini menubuatkan tentang penderitaan yang akan dialami sang Mesias tersebut. Penderitaan Mesias adalah salah satu proses yang harus di alaminya demi keselamatan yang Allah siapkan untuk manusia. Penting untuk kita pahami disini yaitu Allah menyelamatkan manusia dari dosa lewat penderitaan dan pengorbanan Yesus Kristus, bukanlah suatu kebetulan saja, melainkan sesuatu yang memang sudah dirancangkan/disiapkan Allah jauh sebelumnya.. Bagian dari penderitaan dan pengorbanan sang Mesias ini adalah suatu kemuliaan Allah sebagai tanda keberhasilan akan rancangan keselamatan Allah, dan dimana setelah penderitaan tersebut sang Mesias akan ditinggikan dan dimuliakan (band. Yesaya 52:13 dan Yohanes 12:27-28)Yesaya 52:13
Sesungguhnya, hamba-Ku akan berhasil, ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan.

Yohanes 12:27-28
12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.
12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!” Maka terdengarlah suara dari sorga: “Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!”

( Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya )

Bagian ini menubuatkan tentang misi pamungkas dari sang Mesias yaitu mengorbankan diri-Nya sebagai korban penebus salah.. Dan untuk semuanya itu, kehendak Allah terlaksana oleh-Nya. Yesus adalah penggenapan sang Mesias tersebut dan Ia benar- benar telah melakukannya dengan mengorbankan diri-Nya diatas kayu salib untuk menebus kesalahan (dosa) manusia sebagai bagian dari kehendak Allah..
Dalam bagian ini ada 2 frasa kata yang maknanya diartikan secara keliru oleh para pengkritik Kristen yaitu kata “Keturunanmu” dan “Umurmu akan lanjut”.

* Keturunan ( זֶרַע – ZE’RAH)

Kata זֶרַע – ZE’RAH dalam bahasa Ibrani arti harafiahnya adalah benih. Ada yang keliru ketika memahami frasa kata ini dalam artian sebagai keturunan Yesus yaitu anak cucu-Nya. Jelas dalam Injil Yesus menyebut bahwa keluarga-Nya adalah murid-muridNya sendiri (Lih. Matius 12:46-50) bukan anak cucu-Nya.

Matius 12:46-50
12:46 Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia.
12:47 Maka seorang berkata kepada-Nya: “Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau.”
12:48 Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: “Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?”
12:48 Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: “Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku!
12:49 Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

Jadi frasa kata “keturunan” yang dinubuatkan dalam ayat tersebut bukanlah anak-cucu Yesus (karena memang Yesus tidak pernah menikah) melainkan maksudnya adalah pengikut-pengikut Yesus Kristus yang adalah penerus yang membawa ajaran-ajaran Yesus.. Keturunan tersebutlah yang kemudian disebut sebagai orang Kristen (pengikut Kristus).

* Umurnya akan lanjut ( יַאֲרִיךְ יָמִים– YA’ARIKH  YAMIM)

Frasa kata יַאֲרִיךְ יָמִים  – YA’ARIKH YAMIM (literal : Dia akan melihat hari-harinya) menubuatkan bahwa  setelah Sang Mesias menjadi “korban penebus salah ” yaitu pengorbanan-Nya dikayu salib, Dia akan bangkit dan tetap hidup untuk selamanya. Penderitaan dan kematian tidak mengalahkan-Nya dan sebaliknya Ia telah mengalahkan penderitaan dengan taat kepada rancangan Allah dan Ia telah mengalahkan kematian/maut dengan kebangkitan-Nya..

Jadi ayat diatas sama sekali tidak bermakna bahwa Yesus menikah dan mempunyai keturunan. Dan ayat tersebut juga tidak bermakna bahwa Yesus tidak mati disalib. Malahan sebaliknya, ayat nubuatan tersebut sangat otentik dengan kisah Yesus yang dituliskan dalam Injil bahwa Ia telah mati dan bangkit dari kematian-Nya dan para pengikut-Nya meneruskan berita Injl Kristus dalam kemuliaan-Nya.

Buat sahabat-sahabat Kristiani, hati-hatilah dalam menerima pemahaman-pemahaman yang menyesatkan dari orang-orang yang ingin menghancurkan iman kristiani kita.

Tuhan Yesus Memberkati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s