Apakah Yesus dan Maria Magdalena menikah ?

Posted: Oktober 12, 2012 in Tanya - Jawab tentang Alkitab

Tanya :
Benarkah Yesus pernah menikah dengan Maria Magdalena seperti yang sering dituduhkan oleh pengkritik-pengkritik Kristen ?


Christian Answer :
Shalom..
Isu tentang pernikahan Yesus dengan Maria Magdalena yang paling santer datang dari pemahaman Dr. Thiering dalam kajiannya terhadap naskah laut mati dan dari sebuah buku karangan Dan Brown yang kemudian di buat film yang berjudul The Da Vinci code. Kedua pemahaman diatas kemudian dijadikan bahan referensi para pengkritik-pengkritik Kristen untuk mengklaim bahwa Yesus pernah menikah dan kata mereka gereja telah sengaja menyembunyikannya. Kami akan menanggapi isu dari klaim yang mengatakan bahwa Yesus pernah menikah tersebut dibawah ini.

Memang, kebanyakan orang yang mengkritisi Alkitab kurang mempelajarinya dengan baik dan akibatnya, hampir selalu mereka salah paham tentang isi Alkitab. Yang pertama yaitu dalam Alkitab berisi sedikitnya tujuh nama Maria yang berbeda yaitu :

  • Maria, ibu Yesus (Lukas 1:30,31; dll)
  • Maria, saudari Marta dan Lazarus (Lukas 10:39 dan Yohanes 11:1; 12:3)
  • Maria, ibunya Yohanes Markus (Kis 12:12)
  • Maria, istri Klopas atau Cleophas (Yohanes 19:25 )
  • Maria, seorang yang tidak diidentifikasikan lebih lanjut identitasnya dalam Alkitab (Roma 16:6)
  • Maria dari Magdala, sebuah kota di barat daya Galilea.
  • Maria, ibu Yakobus (Matius 27:56)

(Nb : Daftar diatas belum termasuk perempuan bernama Miriam dalam Alkitab, yang adalah bentuk lain dari nama Maria.)

Ada pun tentang Maria Magdalena, Alkitab menyajikan fakta-fakta sebagai berikut :

  1. Yesus mengusir tujuh setan darinya. Dia dan perempuan lainnya juga kadang-kadang ikut dengan Yesus dan para murid-Nya (Lukas 8:1-3)
  2. Dia memberikan kontribusi finansial untuk mendukung Yesus dan murid-Nya (Lukas 8:1-3)
  3. Dia melayani Yesus (Matius 27:55)
  4. Dia menyaksikan penyaliban Yesus (Matius 27:55-56, Markus 15:40-41; Yohanes 19:25)
  5. Dia melihat penguburan Yesus (Matius 27:61)
  6. Dia datang untuk mengurapi tubuh Yesus dan melihat bahwa kubur tersebut kosong  (Matius 28:1, Markus 16:1; Lukas 24:1-10; Yohanes 20:1)
  7. Dia adalah orang pertama yang melihat Yesus setelah kebangkitan-Nya (Markus 16:9)
  8. Dia menyembah Yesus setelah kebangkitan-Nya (Matius 28:9)
  9. Dia melaporkan kebangkitan Yesus kepada para murid  (Markus 16:10, Lukas 24:10, Yohanes 20:18)

Tampaknya Dan Brown keliru mengidentifikasikan Maria Magdalena dengan perempuan berdosa dalam Lukas 7. Lukas 7:36-50 adalah kisah di mana seorang wanita membasuh kaki Yesus dengan air matanya dan kemudian mengurapi mereka dengan wewangian. Dan Brown penulis novel The Da Vinci code tersebut keliru dalam memahami perempuan berdosa tersebut sebagai Maria Magdalena.
Mari kita lihat kisah dalam Alkitab sesudahnya.

Lukas 8:1
Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia.

Sangat jelas telihat adanya perubahan dalam kisah ini. Hal tersebut mengacu pada waktu yang berbeda (“sesudahnya”) dan tempat yang berbeda dari kisah dalam pasal 7 (“Ia berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa”). Dalam Lukas 8:2-3, nama Maria Magdalena disebutkan bersama dengan perempuan lain, yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, bersama dengan “banyak orang lain.” Perhatikan bahwa Maria tidak disebutkan sampai setelah kisah dalam konteks berbeda dari pasal 7.

Nah, ternyata juga Dan Brown keliru dalam mengidentifikasikan Maria Magdalena sebagai Maria, saudari Marta dan Lazarus. Maria, saudari Marta dan Lazarus adalah juga seorang yang mengurapi Yesus dengan minyak wangi (Yohanes 12:1-8, Matius 26:6-13, Markus 14:3-9). Dan Brown menganggap ini adalah hal yang sama dengan pengurapan yang dilakukan oleh perempuan berdosa dalam Lukas 7 dan karena dia menganggap bahwa perempuan berdosa dalam Lukas 7 tersebut adalah Maria Magdalena, maka ia juga kemudian menyimpulkan bahwa Maria saudari Marta dan Lazarus adalah perempuan berdosa dalam Lukas 7.
Bukankah ini sangat lucu?
Dan brown penulis buku The Da Vinci code menganalisa berdasarkan kemiripan nama dan peristiwa saja. Tidak ada bukti apa pun yang menghubungkan antara Maria Magdalena dan perempuan berdosa yang mengurapi Yesus dalam Lukas 7, jadi tidak ada alasan untuk menyatakan bahwa Maria Magdalena adalah Maria saudaranya Marta dan Lazarus.

Yang menjadi pandangan dasar dari orang-orang yang mengklaim bahwa Yesus pernah menikah yaitu tentang peristiwa perminyakan tersebut. Mereka mengklaim bahwa peristiwa perminyakan tersebut adalah ritual pernikahan. Perlu di ingat yaitu bahwa ritual membasuh kaki dan mengurapi dengan minyak urapan tidak selalu harus di hubungkan dengan pernikahan. Membasuh kaki adalah hal yang umum di lakukan (Lih. Kejadian 18:4; 1 Timotius 5:10) dan mengurapi dengan minyak adalah sebuah kehormatan umum yang diberikan kepada raja-raja, nabi, dan imam.

Kejadian 18:4
Biarlah diambil air sedikit, basuhlah kakimu dan duduklah beristirahat di bawah pohon ini;

1 Timotius 5:10
dan yang terbukti telah melakukan pekerjaan yang baik, seperti mengasuh anak, memberi tumpangan, membasuh kaki saudara-saudara seiman, menolong orang yang hidup dalam kesesakan–pendeknya mereka yang telah menggunakan segala kesempatan untuk berbuat baik.

Jadi peristiwa pembasuhan tersebut adalah sebuah kehormatan ditunjukkan Maria Magdalena dan beberapa perempuan lain karena dimata mereka Yesus lebih dari seorang nabi ataupun seorang Imam. Jika raja-raja, nabi, dan bahkan para Imam diurapi dianggap sesuatu yang biasa, mengapa untuk Yesus harus di hubungkan dengan pernikahan? Bukankah terlalu memaksakan?

Selanjutnya kita lihat juga peristiwa dalam Yohanes 19:26-27 yang menuliskan kepedulian Yesus terhadap ibu-Nya.. Jika Yesus menikah, bukankah seharusnya dia harus lebih peduli kepada istri-Nya ? Itu jelas menunjukkan bahwa Yesus tidak memiliki istri dan tidak pernah menikah. Uniknya pandangan diatas dijadikan referensi sahabat-sahabat muslim untuk menyerang ketuhanan Yesus. Padahal Al-Quran sendiri tidak pernah menyebutkan bahwa nabi Isa pernah menikah. Ayat Al-Quran yang sering dijadikan referensi untuk menopang pemahaman bahwa Yesus pernah menikah adalah QS 13.38.

QS 13.38
Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Bagi
tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu).

Perlu di perhatikan bahwa ayat diatas tidak menyebutkan bahwa Isa pernah  menikah. Jika ayat Quran di atas harus dipaksakan dalam artian bahwa semua nabi terdahulu harus pernah menikah, maka Yeremia jelas membantahnya. Alkitab menuliskan bahwa nabi Yeremia diperintahkan Tuhan untuk tidak menikah (Lih. Yeremia 16:1-2). Jadi jelas ayat diatas bukanlah sebuah referensi yang jelas untuk membuktikan bahwa Yesus pernah menikah dengan Maria Magdalena.
Jadi pandangan yang menyatakan bahwa Yesus pernah menikah hanyalah sebuah imajinasi dari sebagian orang untuk menjatuhkan keimanan Kristiani.

Semoga bermanfaat

Tuhan Yesus Memberkati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s