Apakah Alkitab menuliskan bahwa serangga hanya memiliki empat kaki ?

Posted: Oktober 12, 2012 in Tanya - Jawab tentang Alkitab

Tanya :
Imamat 11:20 menyatakan makanan yg tidak boleh dimakan dgn kriteria “merayap, bersayap dan berkaki empat”. Belum pernah ditemukan dalam ranah Sains, binatang yg memenuhi kategori :
* merayap
* bersayap
* berkaki empat
Yg mendekati kriteria di atas, hanyalah hewan-hewan dari kelas Insect, tapi tidak ada Insect yg berkaki empat. Mungkinkah kitab yg diyakini ditulis berdasarkan inspirasi ilahi mengalami kesalahan Sains ?

Christian Answer :

Shalom Aleichem..
Kategori penuduh diatas melakukan eksegesis terhadap ayat Alkitab Imamat 11:20.. Benarkah apa yang dikatakan pengkritik diatas bahwa Imamat 11:20 bertentangan dengan sains modern?
Mari kita perhatikan ayatnya dengan seksama :

Imamat 10:20
Segala binatang yang merayap dan bersayap dan berjalan ( haholekh – הַהֹלֵ֖ךְ ) dengan keempat kakinya adalah kejijikan bagimu.

כֹּל שֶׁרֶץ הָעֹוף הַהֹלֵךְ עַל־אַרְבַּע שֶׁקֶץ הוּא לָכֶם׃

KOL SYERETS HA’OF HAHOLEKH ‘AL-ARBA’ SYEQETS HU’ LAKHEM

Kata haholekh – הַהֹלֵ֖ךְ  berasal dari kata Ibrani halak – ךַלָה yaitu kata kerja yang arti harafiahnya adalah berjalan, datang dan pergi.. Jadi kata haholekh – הַהֹלֵ֖ךְ dalam Imamat 10:20 bukan menunjuk pada jumlah kaki serangga melainkan fungsi dari ke 4 kaki tersebut yaitu “berjalan dengan keempat kakinya“.. Imamat 11:20 tidak menyebutkan jumlah kaki serangga hanya ada empat saja melainkan menjelaskan tentang hewan yang tidak boleh dimakan (haram) yaitu yang bersayap, merayap, dan yang BERJALAN dengan ke empat kakinya..

Memang benar serangga memiliki 6 kaki, namun tidak semua serangga menggunakan ke enam kakinya untuk berjalan.. Contohnya lebah madu. Lebah madu memang memiliki 6 kaki namun tidak semua kakinya difungsikan untuk berjalan saja. Kedua kaki belakangnya khusus di gunakan untuk mengumpulkan serbuk sari. Ini cocok untuk kriteria diatas yaitu berjalan dengan keempat kakinya (berjalan = fungsi bukan jumlah).. Contoh yang lain sebenarnya sudah dituliskan dalam ayat-ayat sesudahnya.

Imamat 11:21-23
11:21 Tetapi inilah yang boleh kamu makan dari segala binatang yang merayap dan bersayap dan yang berjalan dengan keempat kakinya, yaitu yang mempunyai paha di sebelah atas kakinya untuk melompat di atas tanah.
11:22 Inilah yang boleh kamu makan dari antaranya: belalang- belala ng menurut jenisnya, yaitu belalang-belala ng gambar menurut jenisnya, belalang-belalang kunyit menurut jenisnya, dan belalang-belalang padi menurut jenisnya.
11:23 Selainnya segala binatang yang merayap dan bersayap dan yang berkaki empat adalah kejijikan bagimu.

Ayat diatas sebenarnya sudah memberikan jawaban atas apa sajakah contoh binatang yg memiliki kriteria merayap, bersayap dan berjalan dngan keempat kakinya. Hanya saja dalam ayat diatas belalang merupakan pengecualian atau binatang yg diperbolehkan untuk dimakan dari kriteria merayap, bersayap dan berjalan dengan keempat kakinya.

Mengapa belalang dikategorikan sbg binatang yg merayap, bersayap dan berjalan dengan keempat kakinya?
Itu dikarenakan walaupun belalang memiliki 6 kaki seperti umumnya serangga lainnya, namun kedua kaki belakang belalang khusus di gunakan sebagai pelompat (lifting off).. Inilah kriteria yg dimaksudkan dalam Imamat 11:20 yaitu bukan berbicara mengenai jumlah kaki melainkan fungsi kaki yg di gunakan utk berjalan..

Nah kebanyakan pengkritik Alkitab melakukan eksegesis terhadap ayat ini dan mereka mengatakannya seolah-olah ayat tersebut menyatakan bahwa jumlah kaki serangga hanya 4 saja.. Pada hal tidak seperti itu.. Imamat 11:20 menyatakan fungsi dari keempat kaki yaitu berjalan.. Tidak semua hewan menggunakan kakinya untuk berjalan atau melompat.. Contohnya hewan pelompat Kangguru, memiliki 4 kaki namun yang difungsikan sebagai pelompat hanya kedua kaki belakangnya saja..

Jadi jelas yang keliru bukan ayat Alkitabnya melainkan yang keliru adalah pemahaman para pengkritik ayat tersebut yang tidak sesuai dengan makna sebenarnya.

Semoga bermanfaat.

Tuhan Yesus Membekati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s