Menghitung tahun pemerintahan raja Omri dalam 1 Raja-Raja 16

Posted: Maret 21, 2012 in Apologia

Salam sejahtera sobat Kristus..

Seorang rekan non-kristen mempertanyakan tentang keakuratan Alkitab dalam menghitung tahun pemerintahan raja Omri dalam 1 Raja-Raja 16..

Apa yang salah dari penghitungan tahun pemerintahan raja Omri dalam ayat tersebut?
Berikut saya kutipkan ayatnya.

  • 1 Raja-Raja 16:23
  • Dalam tahun ketiga puluh satu  zaman Asa, raja Yehuda, Omri menjadi raja atas Israel dan ia memerintah dua belas  tahun lamanya. Di Tirza ia memerintah enam tahun lamanya.

  • 1 Raja-Raja 16:28-29
  • Kemudian Omri mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di Samaria. Maka Ahab, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.

  • 1 Raja-Raja 16:29
  • Ahab, anak Omri, menjadi raja atas Israel dalam tahun ketiga puluh delapan  zaman Asa, raja Yehuda”

Berdasarkan ayat diatas, dituliskan bahwa Omri menjadi raja atas Israel pada tahun ke-31 zaman Asa menjadi raja Yehuda dan meninggal pada tahun ke-38, dan kemudian di gantikan oleh Ahab, anaknya..
Kejanggalan disini yaitu dalam 1 Raja-Raja 16:23 menuliskan Omri memerintah sebagai raja selama 12 tahun..
Jika ia menjadi raja pada tahun ke-31 zaman Asa menjadi raja Yehuda dan memerintah selama 12 tahun, maka seharusnya ia belum meninggal pada tahun ke-39.

Apakah Alkitab keliru?

Kita bisa dengan mudah memahami hal tersebut dengan melihat latar belakang historisnya.

Sebelum Omri menjadi raja atas Israel, pemerintahan sebelumnya di pegang oleh Zimri.. Zimri menjadi raja atas Israel di Tirza, karena ia membunuh raja Ela yang adalah raja Israel sebelumnya..

  • 1 Raja-Raja 16:10
  • datanglah Zimri, lalu membunuh dia (raja Ela) dalam tahun kedua puluh tujuh zaman Asa, raja Yehuda, dan ia menjadi raja menggantikan dia.


Saat Zimri menjadi raja atas Israel pada tahun ke-27 zaman raja Asa, masa pemerintahannya sebagai raja atas Israel tergolong singkat, karena ia hanya memerintah selama 7 hari atau seminggu dan kemudian di gantikan Omri.

  • 1 Raja-Raja 16:15-16
  • 16:15 Dalam tahun kedua puluh tujuh zaman Asa, raja Yehuda, Zimri menjadi raja. Ia memerintah tujuh hari lamanya di Tirza, sedang rakyat berkemah mengepung Gibeton yang termasuk wilayah orang Filistin.
  • 16:16 Setelah rakyat yang berkemah itu mendengar orang mengatakan: “Zimri telah mengadakan persepakatan, dan ia pun telah membunuh raja, Maka pada hari itu juga, di tempat perkemahan, seluruh Israel menobatkan Omri, panglima tentara menjadi raja atas Israel.

Jadi jika kita melihat latar belakang historisnya, ternyata Omri sudah di nobatkan sebagai raja oleh rakyat Israel pada tahun ke-27 zaman Asa raja Yehuda, untuk menggantikan Zimri yang diketahui rakyat Israel telah membunuh raja Ela..

Dengan demikian masa pemerintahan Omri sebagai raja atas Israel berlangsung sejak tahun ke-27 sampai tahun ke-38 zaman Asa menjadi raja atas Yehuda..
Konvesional dalam kitab Raja-Raja adalah menghitung tahun awal sebagai bagian dari masa pemerintahan..
Contohnya bisa kita lihat dalam penghitungan tahun pemerintahan raja Nadab dalam 1 Raja-Raja 15:25-28.

  • 1 Raja-Raja 15:25-28
  • 15:25 Nadab, anak Yerobeam, menjadi raja atas Israel dalam tahun kedua zaman Asa, raja Yehuda. Ia memerintah atas Israel dua tahun lamanya.
  • 15:26 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, serta hidup menurut tingkah laku ayahnya dan menurut dosa ayahnya, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula.
  • 15:27 Dan Baesa bin Ahia, dari kaum Isakhar, mengadakan persepakatan melawan dia. Baesa menewaskan dia di Gibeton yang termasuk wilayah orang Filistin, sedang Nadab dan seluruh Israel mengepung Gibeton itu.
  • 15:28 Baesa membunuh dia dalam tahun ketiga zaman Asa, raja Yehuda, dan menjadi raja menggantikan dia.

Perhatikan penghitungan tahun pemerintahan raja Nadab pada ayat di atas.
Nadab menjadi raja pada tahun ke-2 dan meninggal pada tahun ke-3 zaman Asa raja Yehuda, namun masa pemerintahannya di hitung 2 tahun lamanya..

Jadi menurut penghitungan penulis kitab Raja-Raja, masa pemerintahan raja Omri adalah :
27,28,29,30,31,32,33,34,35,36,37,38 = 12 tahun.

Namun masa pemerintahan Omri sebagai raja tidak berjalan mulus..
Pada saat ia memerintah sebagai raja, terjadi pemberontakan oleh sebagian rakyat Israel yang menginginkan Tibni bin Gat menjadi raja.. Dengan demikian kerjaan Israel terbagi atas 2 pemerintahan yaitu raja Omri dan raja Tibni.
Namun rakyat yang berpihak kepadanya lebih kuat sehingga pemberontakan bisa ditumpas dan Tibni akhirnya mati sehingga Omri kembali menjadi raja tunggal atas Israel..

1 Raja-Raja 16:21-22
16:21 Pada waktu itu bangsa Israel terbagi dua. Sebagian dari bangsa itu mengikuti Tibni bin Ginat, dan bermaksud mengangkat dia menjadi raja, dan sebagian lagi mengikuti Omri.
16:22 Tetapi rakyat yang mengikuti Omri lebih kuat dari pada rakyat yang mengikuti Tibni bin Ginat. Sesudah Tibni mati, maka Omri menjadi raja.

Jadi sebenarnya ada 2 tahap pemerintahan Omri sebagai raja atas Israel yang dituliskan dalam kitab 1 Raja-Raja 16, yaitu ia menjadi raja atas Israel menggantikan Zimri pada tahun ke-27 (1 Raja-Raja 16:16), dan kemudian menjadi raja tunggal pada tahun ke-31 setelah menggulingkan pemerintahan raja Tibni yang memberontak (1 Raja-Raja 16:21-22).

Tidak ada kesalahan dalam penghitungan pemerintahan raja Omri dalam kitab 1 Raja-Raja.
Kesimpulannya sangat sederhana yaitu raja Omri di nobatkan menjadi raja pada tahun ke-27 dan kemudian menjadi raja tunggal tahun ke-31 zaman Asa menjadi raja atas Yehuda. Dan ia memerintah selama 12 tahun sejak tahun ke-27 sampai tahun ke-38 zaman Asa menjadi raja atas Yehuda..

Semoga bisa menambah wawasan kita semua untuk memahami riwayat historis dalam Alkitab.

Tuhan Yesus memberkati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s