Yesus tidak tau kapan hari kiamat ?

Posted: Oktober 17, 2012 in Tanya - Jawab tentang Alkitab

Tanya :
Shalom.. Mohon penjelasan tentang kata ”Anak” dlm markus 13:32 ? Kok sepertinya Bapa dan Yesus berbeda dan Yesus tidak tau kapan hari kiamat?

Christian Answer :
Shalom

Markus 13:32
Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.”

περι δε της ημερας εκεινης και της ωρας ουδεις οιδεν ουδε οι αγγελοι οι εν ουρανω ουδε ο υιος ει μη ο πατηρ

peri de tês hêmeras ekeinês kai tês hôras oudeis oiden  oude hoi aggeloi hoi en ouranô  oude ho huios  ei mê  ho patêr


Kata Anak (
Yun : υιος – huios) adalah istilah Yesus yang disebutkan sebagai kata ganti yang merujuk pada diri-Nya.. Ada 2 istilah Anak yang merujuk pada Yesus yaitu “Anak Manusia” dan “Anak Allah”. Yesus memiliki 2 natur yaitu natur ilahi (100% Allah) dan natur manusiawi (100% sebagai manusia).. Istilah “Anak Allah” menggambarkan otoritas ilahi Yesus sebagai Tuhan yang datang kedunia, dan istilah “Anak Manusia” menggambarkan tentang keberadaan Yesus sebagai manusia.. Dalam natur manusiawi, Yesus ada dalam batasan-batasan Inkarnasi tersebut sehingga Ia merasa lapar, haus, dsb..
Konteks dalam Markus 13:32, Yesus jelas menggambarkan kedudukan-Nya dalam batasan-batasan Inkarnasi-Nya sebagai manusia dengan menggunakan istilah “Anak Manusia” merujuk pada diri-Nya (lihat Markus 13:26).

Filipi 2:6-7
2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan
manusia.

Ayat diatas menjelaskan kedudukan Yesus dalam batasan-batasan Inkarnasi-Nya untuk sementara waktu dalam natur manusia.. Dalam posisi inilah Yesus menyatakan hanya Bapa yang tau tentang hari dan saat itu.. Markus 13:32 menyatakan tentang pengetahuan yang terbatas dari Anak Manusia selama pelayanan-Nya di dunia yang fana ini, namun itu tidak berarti bahwa pengetahuan-Nya tetap terbatas sampai sekarang. Setelah Yesus naik ke sorga, Dia tidak lagi berada dalam batasan-batasan Nya, melainkan duduk disebelah kanan sang Bapa (simbol kekuasaan dan kemuliaan) dan memerintah sebagai Allah yang sejati sampai akhir zaman.
Dan kita bisa melihat dalam Alkitab bahwa Anak Allah yang telah berada di sorga bukan tidak tau lagi, melainkan tau kapan waktunya Dia datang untuk menghakimi setiap orang menurut perbuatannya.

Wahyu 22:12-13
“Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.
Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir.”

Jadi sangat jelas bahwa Yesus berkata seperti itu dalam Markus 13:32 adalah dalam batasan-batasan Inkarnasi-Nya sebagai manusia yang mengambil rupa seorang hamba, dan meninggalkan sejenak kesetaraan dan kemuliaan-Nya sebagai Allah dengan menyatakan diri-Nya sebagai manusia hanya demi penggenapan janji Allah dan rancangan Keselamatan untuk manusia..

Semoga bermanfaat

Tuhan Memberkati

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s