Mantan pendeta yang tidak pernah membaca Yohanes 3:16 (Membedah intisari dari buku karangan M. Yahya Wahloni)

Posted: April 16, 2012 in Apologia

Shalom sobat Kristus

 

Artikel ini adalah bagian dari tulisan saya yang berisi tanggapan saya terhadap pandangan-pandangan M. Yahya Wahloni.

Menurut beberapa sumber, pak Wahloni adalah seorang (yang mengaku?) mantan pendeta Kristen, dosen sebuah universitas kristen, dan sarjana Alkitab, yang kemudian memeluk agama islam dan menjudge doktrin-doktrin Alkitab dan iman Kristen salah, seperti yang tertuang pada salah satu buku karangannya yang berjudul “”Kebenaran Islam Menurut Mantan Pendeta”.

<photo id=”1″ />

 

Saya akan mengutip salah satu intisari dari buku tersebut dibawah ini dan dilanjutkan dengan tanggapan saya menurut sumber dibawah ini :

 

 

- http://www.mail-archive.com/gorontalomaju2020@yahoogroups.com/msg05837.html

 

- http://elbowisblack.wordpress.com/2011/02/09/buku-kebenaran-islam-menurut-mantan-pendeta-dr-muhammad-yahya-waloni/

  • KUTIP

 

Yahya Wahloni :Jika memang benar kata Alkitab, bahwa dunia dan seisinya diciptakan oleh Tuhan hanya dengar firman-Nya, apakah kemudian Tuhan kehilangan kekuatannya sehingga untuk menyelamatkan manusia saja Dia harus turun ke bumi, disalib, dan mati terlebih dahulu untuk menyelamatkan manusia..?

 

  • TANGGAPAN

 

Kutipan diatas adalah bagian dari intisari buku karangan pak Wahloni tersebut yang bersifat mempertanyakan (menguji?) tema “rencana keselamatan Allah” dalam iman Kristen (dari seorang sarjana Alkitab?).

 

Ingat, yang bertanya ini seorang sarjana Alkitab lo, jangan sampai salah.. :)

 

Dan supaya tidak salah merespon, pertama-tama saya harus cari tau dulu alasan pertanyaan pak mantan pendeta ini, bertanya hal tersebut. Biasanya orang bertanya karena beberapa :

 

a. Tidak tau.

 

b. Sudah tau tapi iseng bertanya alias menguji.

 

 

Sebagai seorang rensponsive yang baik maka saya akan coba jawab dan jelaskan pertanyaan pak mantan pendeta diatas berdasarkan alasan umumnya yaitu memang tidak tau sama sekali atau sudah tau tapi iseng bertanya alias menguji saja.

 

* Karene pak Wahloni tidak tau jawabannya

 

Nah biasanya dalam menjawab pertanyaan dari seseorang yang tidak tau, maka sudah tentu jawaban atau penjelasannya akan panjang.

Anggaplah pak mantan pendeta ini mampir kesebuah SPBU untuk mengisi bensin. Saya adalah seorang petugas SPBU disitu, dan tentunya seorang petugas SPBU yang baik, saya akan berkata : “di mulai dari angka nol ya pak” ^_^

 

Dibawah ini, saya akan coba paparkan runutan kisah menurut Alkitab dalam urutanya sebagai berikut :- Mulai dari nol- Penciptaan manusia pertama- Dosa awal/dosa waris – Inkarnasi dan penebusan.

Runutan kisah adalah dasar yang sangat penting untuk menjawab pertanyaan pak mantan pendeta diatas.

 

  •  MULAI DARI NOL

 

Mungkin ada yang bertanya, kenapa mulai dari nol?

Apa maksud saya dengan nol tersebut?

 

Jika sempat terlintas pertanyaan diatas, maka maksud saya adalah seperti ini.

Nol berbicara tentang ciptaan dan artinya saat itu belum ada yang diciptakan. Yang ada hanya Allah saja dengan pribadi-Nya yang jamak yaitu Allah, Firman, dan Roh Kudus (Roh Allah yang Kudus)

 

Yohanes 1:1

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama- sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

 

Kejadian 1:2

Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

 

Dalam kedua ayat diatas cukup jelas menyatakan keberadaan ketiga pribadi Allah yang sudah ada sebelum segala sesuatu diciptakan. Ini sangat penting terutama untuk menyatakan keberadaan pribadi Allah yaitu “sang Firman Kristus Yesus yang sudah ada pada mulanya.

Karena ini adalah runutan kisah, maka saya tempatkan hal ini pada awalnya karena ini adalah dasar untuk kita mengerti soal “inkarnasi” nanti. (salah satu poin yang akan kita bahas sebentar).

 

  •  PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA

 

Ini adalah bagian dalam Alkitab yang memuat proses penciptaan manusia pertama.

 

Kejadian 1:27-28

1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka

1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

 

 

Dengan jelas Alkitab menulis bahwa manusia pertama diciptakan Allah dengan sangat mulianya sampai-sampai disebut “segambar dengan Allah”. Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas tentang makna “segambar dengan Allah” yaitu bahwa manusia diberikan kuasa atas segala ciptaan Allah.

Diantara ciptaan lainnya, manusia adalah makhluk yang diberkati dan diberi mandat oleh Allah untuk :

 

- Beranakcucu dan menaklukkan bumi

 

“Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukanlah itu”

 

- Berkuasa atas segala binatang

 

“Berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

 

(Nb : tentang konteks manusia sebagai penakluk bumi dan penguasa atas semua hewan tidak diartikan semena-mena.)

 

Perlu diperhatikan bahwa Allah menganugerahkan kemuliaan yang besar kepada manusia di antara ciptaan Allah lainnya atau dengan kata lain, manusia adalah makhluk ciptaan yang paling special dimata Allah.

 

  •  DOSA AWAL/DOSA WARIS

 

Manusia yang adalah makhluk yang paling special di hadapan Allah akhirnya terjerat oleh tipu daya Iblis dan mengalami kejatuhan dalam dosa.

Dosa adalah kejahatan dalam segala bentuk-bentuknya yang diakibatkan karena pelanggaran, tidak mentaati hukum, kejahatan, kesalahan , kelaliman, dsb.Mari kita lihat asal mula dosa manusia seperti yang tertulis dalam Alkitab.

 

Kejadian 3:1-13

3:1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?”

3:2 Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: “Buah pohon- pohonan dalam taman ini boleh kami makan,

3:3 tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.”

3:4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “Sekali-kali kamu tidak akan mati,

3:5 tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.”

3:6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.

3:7 Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.

3:8 Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman.

3:9 Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?”

3:10 Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.”

3:11 Firman-Nya: “Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?”

3:12 Manusia itu menjawab: “Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.”

3:13 Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: “Apakah yang telah kauperbuat ini?” Jawab perempuan itu: “Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.”

 

Yang perlu di perhatikan disini yaitu bahwa kejatuhan manusia pertama dalam dosa di luar rencana Allah..

Manusia pertama jatuh kedalam dosa akibat kegagalan dalam mematuhi perintah Allah.. Manusia pertama diperdaya oleh tipu muslihat Iblis untuk mencuri kemuliaan Allah dengan iming-iming kekuasaan dengan kata lain bahwa manusia yang diciptakan Allah paling mulia ini telah durhaka terhadap Allah..

 

Di sini bisa kita bisa melihat bahwa dosa awal itu muncul akibat hawa nafsu dan keinginan untuk memperoleh hak-hak Allah alias mencuri kemuliaannya Allah.

Benar kata Yesus bahwa dosa tidak bermula dari suatu tindakan yang nyata melainkan keinginan yang timbul dari dalam hati.

 

Markus 7:21-23

7:21 sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan,

7:22 perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan.

7:23 Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.”

 

Manusia yang sangat mulia di mata Allah akhirnya kehilangan anugerah kemulian yang diberi Allah sebab manusia tidak mematuhi perintah Allah alias durhaka terhadap Allah.

 

Allah sangat marah terhadap perbuatan dosa itu karena dengan melakukan dosa artinya bahwa manusia telah memperkosa kedaulatan Allah dan perintah-Nya dalam hal kekuasaan, kebaikan, hikmat, keadilan, kesetiaan dan kasih karuniaNya.

Akibat ketidaktaatannya, berarti manusia telah membuang kekuasaan Allah, meragukan kebaikan hati-Nya, mengingkari hikmah-Nya, menolak keadilan-Nya, memutar balikkan kebenaran-Nya, dan menghinakan kasih karunia-Nya.

 

Pelanggaran manusia ini sungguh telah menyakitkan hati Tuhan dan membangkitkan murka-Nya sehingga manusia kehilangan kemuliaan di hadapan Tuhan dan kemudian diusir dari taman Eden dan dibuang kedunia yang fana bersama dengan kutukan yang diterimanya sebagai hukuman atas perbuatannya..

 

Kejadian 3:23

Lalu Tuhan Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.

 

Antara Allah dan manusia kini terdapat tembok pemisah yaitu dosa. Akibat dari dosa, manusia yang telah kehilangan kemuliaan di hadapan Allah alias mengalami “kematian rohani”, terjebak dalam maut yaitu kebinasaan.

 

Manusia yang adalah keturunan Adam dan Hawa, otomatis ikut menanggung kutuk akibat dosa tersebut yaitu “kematian rohani” yang menuju pada kebinasaan..

Inilah dosa awal manusia pertama yang yang kemudian menjalar pada keturunannya yang dalam bahasa teologisnya disebut sebagai “dosa waris”.

 

Dosa waris tidak diciptakan Allah seperti pemahaman kebanyakan orang diluar Kristen.

 

Kebetulan semalam saya sempat diskusi dengan seorang admin salah satu grup diskusi lintas iman yang membuat premis seolah-olah merujuk pada kesimpulan tersebut.

 

Admin tersebut membuat status seperti ini: “Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan dengan dosa waris”.

 

Nah contoh diatas diakibatkan karena admin tersebut salah pengertian dengan apa yang disebut dengan dosa waris.Saya kemudian memberikan tanggapan terhadap status admin tersebut dan langsung mengkliam bahwa pemahaman tersebut SALAH besar.Admin kemudian menanggapi klaim saya dengan membuat pertanyaan ujian untuk mengecoh saya. Pertanyaannya seperti ini :

 

“Jekzen, Jika anda mengatakan pemahaman saya salah, maka coba anda tunjukkan dalam Alkitab satu saja manusia yang diciptakan tidak dengan dosa waris.?”

 

Saya merespon pertanyaan tersebut dengan menjawab seperti ini :

 

“Pak admin,, Anda hanya meminta satu saja? Saya berikan bonus satu jawaban lagi untuk pertanyaan anda yaitu Adam dan Hawa.”

 

Admin tersebut kemudian mengakui hal tersebut..

 

Dari contoh diskusi diatas, sangat jelas membantah kesalah pahaman kebanyakan orang tentang dosa waris..Dosa waris tidak di ciptakan Allah bersama-sama manusia.. Alkitab menulis bahwa Adam dan Hawa diciptakan dengan tidak memiliki dosa. Mereka jatuh kedalam dosa akibat hawa nafsu mereka sendiri yang tergoda oleh tipu muslihat Iblis..

 

Jadi, dosa waris tidak diciptakan untuk ditanggungkan kepada manusia melainkan suatu hukuman akibat pelanggaran yang dibuat manusia pertama.Manusia adalah keturunan Adam dan Hawa dan pastinya tidak luput dari dosa dan pelangaran terhadap Allah, karena itu semua manusia telah kehilangan kemuliaan dihadapan Allah..

 

Roma 3:23

Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

 

Mudah-mudahan saja pak Wahloni yang katanya mantan pendeta tidak ikut-ikutan salah paham dalam mengartikan istilah dosa waris seperti yang juga telah disalah artikan oleh seorang yang mengaku mantan pendeta lainnya yaitu pak Insan Mokoginta. (^.^)

 

  •  INKARNASI DAN PENEBUSAN

 

Sekarang kita bahas tentang inkarnasi dan penebusan..Inkarnasi adalah bahasa populer dikalangan sarjana Alkitab dalam menggambarkan proses penjelmaan pribadi Allah yaitu “Sang Firman” menjadi manusia yaitu Yesus Kristus.

 

Jika benar pak Wahloni seorang sarjana Alkitab, maka pastinya beliau tau benar apa itu Inkarnasi.

 

Dasar Alkitabiah yang paling jelas untuk peristiwa Inkarnasi ini ada dalam Injil Yohanes.

 

Yohanes 1:14

Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

 

Dalam Inkarnasinya ini, Yesus datang dengan berbagai misi ilahi yang salah satunya adalah penebusan atas dosa manusia.

Dasar Alkitabiahnya ditulis dengan sangat jelas dalam Injil Markus.

 

Markus 10:45

Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawaNya menjadi tebusan bagi banyak orang.

 

Mengapa dosa harus ditebus?Dosa adalah sebuah hutang dan Yesus datang untuk menebus semua hutang dosa manusia tersebut..

 

Dalam leksiologi Yunani, hutang dan dosa adalah sesuatu yang sangat berkaitan. Ayat berikut ini adalah salah satu contohnya .

 

Matius 6:12

LAI : dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;

 

Greek : και αφες ημιν τα οφειληματα ημων ως και ημεις αφιεμεν τοις οφειλεταις ημωνTrans : kai aphes hêmin ta opheilêmata hêmôn hôs kai hêmeis aphiemen tois opheiletais hêmôn

 

Frasa kata opheilêmata dalam ayat diatas yang diterjemahkan dalam bahasa indonesia sebagai “akan kesalahan atau akan dosa”, berasal dari kata Yunani opheilo yang arti harafiahnya adalah hutang..

 

Hutang dosa yang ditebus oleh Yesus meliputi semua dosa manusia baik itu dosa perbuatan maupun dosa warisan/kematian rohani yang sudah kita bahas diatas..

 

Nah, dalam peristiwa Adam dan Hawa jatuh kedalam dosa, Allah telah membuat suatu nubuatan bahwa keturunan perempuan akan meremukkan kepala ular/iblis tersebut.

 

Kejadian 3:15

Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.

 

Jadi tentang karya penebusan Yesus atas dosa-dosa manusia, sudah di nubuatkan Allah semenjak manusia jatuh kedalam dosa.. Dosa adalah senjata iblis, dan Yesus datang untuk meremukkan dosa tersebut dengan menjadi korban penebusan dosa.. Kematian Yesus dikayu salib di gambarkan dengan “meremukkan tumit”.

Mengenai korban penebusan, dalam perjanjian lama khususnya kitab Imamat, menuliskan tentang penebusan dengan darah dan nyawa. Darah korban penebusan adalah lambang pendamaian.

 

Imamat 17:11

Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa.

 

Dalam perjanjian baru, darah Yesus yang tertumpah dikayu salib adalah darah korban penebusan dosa untuk selamanya.

 

Ibrani 9:13-14

9:13 Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah,

9:14 betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri – Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan – perbuatan yang sia – sia , supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup

 

 

Yohanes 1:29

Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

 

Kembali ke pertanyaan pak Wahloni diatas yaitu “Apakah Tuhan kehilangan kekuatannya sehingga untuk menyelamatkan manusia saja Dia harus turun ke bumi, disalib, dan mati terlebih dahulu untuk menyelamatkan manusia”?

 

Dalam runutan diatas sebenarnya sudah tergambar dengan jelas jawaban untuk pertanyaan dari pak Yahya Wahloni, namun ada sebuah jawaban yang sangat singkat dalam Alkitab yang sangat menjawab pertanyaan tersebut yaitu :

 

Yohanes 3:16

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang Tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.

 

Kehidupan kekal adalah kebalikan dari kebinasaan kekal.. Akibat Adam dan Hawa, hubungan antara Allah dan manusia terhalang dengan tembok yang namanya dosa. Dosa telah membawa manusia kedalam kebinasaan dan karena kasih-NYa terhadap manusia maka Allah menganugerahkan Yesus Kristus sebagai jaminan keselamatan untuk kehidupan kekal yaitu dengan jalan percaya bahwa Dialah sang Juruselamat yang hidup..

Saya heran, ternyata seorang Yahya Wahloni yang mengaku mantan pendeta dan seorang sarjana Alkitab rupanya tidak pernah membaca Yohanes 3:16 sehingga bertanya, mengapa Allah harus datang menyelamatkan manusia, disalib dan mati.

Apakah pak mantan pendeta juga tidak pernah membaca dalam Kitab Mazmur bahwa manusia tidak dapat menyelamatkan diri sendiri?

Mazmur 49:8-9

49:8 Tidak seorang pun dapat membebaskan dirinya, atau memberikan tebusan kepada Allah ganti nyawanya,

49:9 karena terlalu mahal harga pembebasan nyawanya, dan tidak memadai untuk selama-lamanya.

Dan apakah pak mantan pendeta tidak pernah membaca bahwa hanya Allah saja yang dapat menyelamatkan manusia ?

Yesaya 43:11

Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

Jadi dalam Alkitab alasan tersebut sudah sangat jelas seterang matahari, yaitu karena manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri karena hanya Allah saja sang Juruselamat, dan karena kasih-Nya kepada manusia maka Allah menganugerahkan keselamatan lewat Yesus Kristus yang datang kedunia, menghancurkan tembok pemisah antara Allah dan manusia yaitu dosa, dengan menjadi korban penebusan darah Anak domba Allah dikayu salib supaya saya, pak Wahloni, dan semua manusia memperoleh keselamatan itu.

Dan saya pikir jawaban dan penjelasan saya kepada pak Wahloni sudah sangat jelas seterang matahari.

Apakah pak Wahloni memang tidak tau sama sekali atau sudah tau tapi iseng bertanya untuk menguji Alkitab?

Jika pak Wahloni hanya ingin menguji kekristenan (mungkin hanya sekedar mencari simpati dari mayoritas, biar terkenal?), maka yang harus pak Yahya Wahloni ketahui yaitu bahwa Alkitab dan doktrin kekristenan sudah teruji selama ribuan tahun dan tetap berdiri kokoh dalam menghadapi berbagai ujian tersebut.

Itu saja.. ^__^

Tuhan Yesus memberkati.

About these ads
Komentar
  1. XXX mengatakan:

    sudah sesat pakek dalil pula lg, aq tunggu kau nanti di hari kiamat siapa di antara kita yang akan masuk kedalam surga,wkwkwkwkwkwk……………….!!!!!!!!!!!

  2. JOHN mengatakan:

    bukan dia tidak membaca kitab Yohanes, dia melihat bahkan membaca, tetapi dia tidak mengerti dan memahaminya, karena sama seperti Yudas yang dirasuki oleh roh iblis, ia juga telah dirasuki dan akhirnya menjual kepribadiannya sendiri… inti dari itu, “CEPAT ATAU LAMBAT, IA AKAN MENUAI PERBUATANNYA SENDIRI”

    • ameen mengatakan:

      Hadech..
      ngeyel,di ajak ke surga g mau.

    • Asstaghf mengatakan:

      Saudara John, menurut saya dan pengamatan saya pak yahya waloni ini sangat mengerti dan dangat memahaminya bahkan dia sampai tersentuh jiwa dan batinnya sehingga dia sembuh dari gila katanya,dan anda bilang YUDAS di rasuki roh iblis betul karna dia penghianat kepada nabi ‘isa (Yesus) sehingga dia di tangkap dan di salib di kayu salib sampai mati jadi bukan Nabi “isa (Yesus) yang mati melainkan Yudas yang mati di kayu salib,jadi mana yang akan anda katakan benar..?dan betul dia ( Yahya Waloni ) akan “CEPAT ATAU LAMBAT, IA AKAN MENUAI PERBUATANNYA SENDIRI” betul sekali dia akan menjadi seorang pilihan Allah yang akan memberi petunjuk kebenaran tentang penyelewengan iman kristen yang selama ini sangat meragukan..bahkan keterangan jawaban ato kutipan di atas sangat ngambang sekali bila di cerna dengan akal sehat
      Contoh :
      Yohanes 3:16

      Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang Tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.

      cobalah cerna dengan akal dan hati anda siapa yang bilang perkataan diatas..? apakah Allah,anak Allah, ato roh kudus Allah…bahkan nabi ‘Isa ? ato bahkan Yohanes sendiri yang bilang…?
      Katanya ALKITAB/BIBLE Asli dari Firman Allah, kenapa sampai titel sang murid saja di katakan Firman Dari Allah,pun Yesus tak pernah Mengajarkan Ajaran seperti Ini, kini jelas Alkitab adalah hasil dari modifikasi tangan tangan karangan sendiri dan bukan bersumber dari ALLAH, Karna Allah mengutus Nabi ‘Isa hanyalah sebagai NAbi dan Rosulnya sebagai Penerima Wahyu dan Penyampai Wahyu bukan malah di sembah Tuhankan dan di samakan dengan Allah,

      • jekzenronaldkewas77 mengatakan:

        Argumen yg anda buat termasuk salah satu argumen yg menunjukkan dimana pemahaman muslim memandang sesuatu dgn sebelah mata, yaitu dari kacamata anda sbg seorang muslim. :)

        Asstaghf menulis:
        //cobalah cerna dengan akal dan hati anda siapa yang bilang perkataan diatas..? apakah Allah,anak Allah, ato roh kudus Allah…bahkan nabi ‘Isa ? ato bahkan Yohanes sendiri yang bilang…?//

        Ayat yg anda maksudkan adalah perkataan Yesus dalam percakapan-Nya dgn Nikodemus.. Yohanes menulis perkataan Yesus tersebut.. Emangnya kenapa pak? Apakah anda pikir Quran tdk ditulis manusia dan turun dari langit? He..he..he..
        Perlu anda ingat pak, yg menulis Quran bukan Muhammad, melainkan para sahabat yg menulis omongan Muhammad yg diklaimnya wahyu ilahi, dan dituliskan pada kulit kayu, kulit binatang, dsb.

        Justru jika anda pakai akal sehat anda, seharusnya anda tdk asal omong saja.. Anda berkata bhwa yg disalib adalah Yudas bukan Yesus.. Saya tdk jauh2 meminta anda membuktikan dlm Quran, tapi saya hanya minta anda tunjukkan nama Yudas pada Al-Quran dan Hadits.. Ada tidak? Jika tidak ada, dari dasar apa anda ngomong seperti itu, sedangkan kitab suci anda bhkan tdk pernah ngomong soal Yudas. Apakah tafsiran ulama2 modern sekarang sudah jadi wahyu ilahi yaa.. :D

      • jekzenronaldkewas77 mengatakan:

        Saudara Asstaghf, apakah tdk kebalik pak? Justru yg menilai dari sudut pandang akidah disini adalah anda, contohnya tulisan anda pada pak John diatas.. Anda mengatakan bhwa Yahya Wahloni benar karena anda pikir dia berilmu? Hehehe
        Silahkan baca lagi tanggapan saya thd klaim Wahloni pada artikel diatas. Setelah argumennya ditelanjangi, apakah ia terlihat seorang yg berilmu? Bahkan saya ragu dia seorg mantan pendeta karena pemahaman Alkitabiahnya sgt dangkal.. :)

        Anda tdk perlu mengagung2kan sosok Yahya Wahloni yg ngetop karena mengklaim dirinya mualaf dan mulai menjajakan pemahaman dangkalnya dipubik islam pak.

        Anda menulis :
        Pertanyaanya..? Apakah anda Pernah melakukan itu sebelumnya…?tentu belum bukan ?kalo pun sudah saya yakin anda akan sampai kepda Alqur’an seperti yang sudah di lakukan dan dialami oleh pendeta2 yang lain bahkan Biarawati2 yang lain seperti HJ. Irene Handono, ato YUSUF estes dari EROPA sang Romo Agung, bahkan di Era sekarang cobalah lihat perkembangan ISlam di EROPA sangat mengejutkan apakah mereka di paksa masuk islam…?

        Tanggapan saya :
        Waduh, saya sudah dari kecil belajar Alkitab pak.. Saya heran, anda tdk membantah apa2 dari artikel diatas yg menelanjangi pemahaman dangkal Yahya, tapi ttp mengagung2kannya yaa.. :)

        Jgn melihat dari sudut pandang yg menguntungkan pak. Nah, jika anda menganggap Yahya Wahloni berilmu karena rajin mengkritik Alkitab, apakah anda juga akan menganggap Ali Sina yg mengkritik Al-Quran demikian?
        Hehehe

      • Asstaghf mengatakan:

        Bapak,ternya pertanyaan anda tidak berbobot pak, anda mengatakan,
        Jgn melihat dari sudut pandang yg menguntungkan pak. Nah, jika anda menganggap Yahya Wahloni berilmu karena rajin mengkritik Alkitab, apakah anda juga akan menganggap Ali Sina yg mengkritik Al-Quran demikian?
        Hehehe,

        salah pak, coba lihat konteknya perbedaan antara pak yahya mantan pendeta dan ahli bahasa ibrani, ” Dia adalah mantan pendeta pak, jangan salah mantan pendeta jadi pasti tau kesalahan dan kejanggalan dan ke tidak rasionalan pada ke yakinannya pada waktu beragama Kristen,hehhe

        tapi kalo anda mengatakan Ali sina siapa Dia..?apakah dia mantan seorang syeikh,seorang Kiyai,seorang Ustad ato mantan pemuka agama Islam/muslim bukan pak, dia hanya seorang penyesat dan penghujat bukan mantan dari kalangan muslim, lihat perbedaanya pak, weleh bapak ini kayaknya belum paham juga…..masyaallah na’uzubillah tsumma na’uzubillahi mindzalik…

      • asstaghf mengatakan:

        [19:30] Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,

        وَجَعَلَنِي مُبَارَكاً أَيْنَ مَا كُنتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيّاً

        [19:31] dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;

        وَبَرّاً بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّاراً شَقِيّاً

        [19:32] dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.

        وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدتُّ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيّاً

        [19:33] Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”.

        ذَلِكَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ قَوْلَ الْحَقِّ الَّذِي فِيهِ يَمْتَرُونَ

        [19:34] Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.

        مَا كَانَ لِلَّهِ أَن يَتَّخِذَ مِن وَلَدٍ سُبْحَانَهُ إِذَا قَضَى أَمْراً فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ

        [19:35] Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia.

        وَإِنَّ اللَّهَ رَبِّي وَرَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ هَذَا صِرَاطٌ مُّسْتَقِيمٌ

        [19:36] Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahIah Dia oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus.

        Memperhatikan Konteks ayat tersebut maka sangat jelas bahwa ayat 33 merupakan kutipan apa yang disampaikannya kepada bani Israel. Dan ia punya harapan dan keinginan bahwa ia senantiasa mendapatkan Kesejahteraan pada Masa ia di masa dilahirkan,saat meninggal dan saat dibangkitkan sama sekali tidak ada hubungannya dengan peristiwa penyaliban yang terkait dengan ayat Qs Annisa 157.dan sama sekali tidak bisa dijadikan alat bukti atau bahwa ayat tersebut petunjuk kalau Isa As mati ditiang Salib.

        Dalam hal ini,saya coba menanggapi dengan sebuah Ilustrasi sederhana dan agar mudah dimengerti

        Ilusrasi pertama :

        Dalam sebuah kesempatan SeTo(seorang Tokoh) menyatakan : “semoga kesejahteraan dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”.

        Ilustrasi kedua

        Sebagian orang beranggapan kalau SeTo(seorang Tokoh) tersebut dibunuh oleh perampok,sesungguhnya Dugaan tersebut hanya berdasarkan Asumsi dan prasangka saja,karena sesungguhnya ia sama sekali tidak mati ditangan perampok. Tetapi sesungguhnya nyawanya selamat saat perampokan tersebut

        Orang yang berfikir jernih dan berakal Normal dalam memahami 2 cerita tersebut maka akan bisa menyimpulkan bahwa dalam 2 cerita tersebut

        1.tidak ada yang bertentangan / Kontradiksi didalamnya

        2.Pernyataan TOKOH dalam cerita pertama sama sekali tidak bisa dijadikan Bukti bahwa ia MATI dibunuh Perampok

        Hanya orang orang yang berfikir KOTOR DAN PENUH KEBENCIAN dan TIDAK BISA BERFIKIR NORMAL yang menyimpulkan kalau 2 cerita tersebut bertentangan apalagi pernyataan TOKOH dalam cerita pertama dijadikan BUKTI kalau ia mati dirampok.

      • peace may upon you mengatakan:

        Sebenarnya Tuhan kami tidak perlu dibela Pak Asstaghf, karena sampai kapan pun pikiran atau logika kita tidak akan sampe Pak. Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Berbahagia orang yang tidak melihat namun percaya.

        Untuk lebih jelas memahaminya, saya berikan link ini. Link ini bukan hujatan atau perbandingan-perbandingan sempit dan tidak dewasa seperti yang disiarkan oleh yang terhormat Bpk. Yahya, yang mengaku sebagai ahli teologi S3 namun tidak mengerti apa itu teologi kristen.

        http://www.youtube.com/watch?v=QpJ6gs4rA_A

        Semoga diberkati

      • yrc mengatakan:

        Ahh, saya ngerti argumen anda, jadi anda bilang Kristen sejati bukanlah menanggap Yesus TUHAN bukan.

        Tapi anda memiliki sesat pikir.
        Lihat Qs 15:9

        Siapakah yang mengatakan hal itu? Allah SWT, Muhammad, Manusia, atau yg lainnya?
        Atau itu hanya tulisan palsu yang dibuat agar pengikut Islamic leaders mengikuti mereka?
        Silakan cerna dengan hati.

        Apakah anda menyuruh saya menjadi Liberal? (Jesus Seminar)
        Yang saya tahu, anda benci liberalisme,

  3. Mas'ud mengatakan:

    Sya sudah dengar cerama m yahya waloni menurut saya penjelasnx masuk akal klo ad xg krang ska dgn prnyataan pak yahya tuntut sja atw d adakn debat terbuka biar jelas smwx

    • jekzenronaldkewas77 mengatakan:

      Tentu saja semua akan masuk akal jika anda hanya menilainya sepihak dari sudut pandang akidah anda.. Saya sangat heran pak Yahya sering disebut sbg seorang pakar Kristologi, tapi ternyata pemahaman Alkitabiah-nya sangat memprihatinkan.. Soal debat terbuka dgn ybs memang sudah lama saya harapkan..

      • Asstaghf mengatakan:

        Saudara Jekzen,(Tentu saja semua akan masuk akal jika anda hanya menilainya sepihak dari sudut pandang akidah anda)Apakah anda juga akan menilai iman Islam juga hanya dari sudut pandang anda..? Tentu para tokoh ini (yahya Waloni) menilainya antara Islam dan Kristen bukan dari sudut pandang dia sendiri tentunya dari sudut pandang dari Ilmu yang sudah dia miliki, apalagi Beliau sudah mencoba bandingkan antara beberapa Alkitab dari tahun sekian sampai sekian begitu pula Alqur’an untuk pembanding juga dari tahun sekian sampai sekian,
        Pembading Antara kebenaran Firman Allah ato Karangan tangan-tangan sendiri,
        Pertanyaanya..? Apakah anda Pernah melakukan itu sebelumnya…?tentu belum bukan ?kalo pun sudah saya yakin anda akan sampai kepda Alqur’an seperti yang sudah di lakukan dan dialami oleh pendeta2 yang lain bahkan Biarawati2 yang lain seperti HJ. Irene Handono, ato YUSUF estes dari EROPA sang Romo Agung, bahkan di Era sekarang cobalah lihat perkembangan ISlam di EROPA sangat mengejutkan apakah mereka di paksa masuk islam…?siapa yang maksa..?tidak ada saudaraku, Hidayahlah yang menuntun mereka untuk sampai ke ISLAM..masalah Debat dengan YBS, maaf Saudaraku bukanya saya menyangkal dan merendahkan Ilmu pengetahuan Anda,tapi saya yakin anda tidak akan mampu untuk melawanya…kenapa ..?maaf sekali lagi saudaraku karna jika melihat perkataan dan gaya bahasa anda, anda hanya akan meluapkan emosional dan memberikan keterangan dan argumentasi yang tidak rasional,karna apa…?mungkin Ilmu yang belum sampai di sana…?
        Nah..sekarang pertanyaanya…
        bagaimana supaya dpat memberikan argumentasi yang rasional silahkan anda mencari dulu tentang kebenaran itu sendiri, dengan melakukan cross check antara yang anda punya dengan Alqur’an, dan ketahui dulu sebenarnya firman2 yang ada pada bible yang berfirman Allah,Anak Allah (yesus/NAbi “isa sang nabi/Rosul, Roh Kudus,ato murid2 yesus, bahkan paulus.? bandingkan dengan Qur’an siapakah yang berfirman di sana…Pastinya Allah Subkhanahu Wata’ala,Lewat Malaikat utusan Allah(Jibril) disampaikan Ke NAbi/Rosul Allah, Muhammad Saw.
        seperti yang tertulis dalam Firman Allah yang Di sebut Al Qur’anul Karim.dan di sampaikan kepada para pengikutnya yaitu Umat muslim…
        NB: Saudara Jekzen cobalah di renungkan dengan segenap hati nurani dan akal fikiran anda, jika ada tuhan BAPA,tuhan ANAK, Roh kudus,saya khawatir untuk era sekarang akan muncul Tuhan baru Namanya Tuhan CUCU,Tuhan Kakek,Tuhan Nenek,Tuhan ADIK, Tuhan UANG bahkan KOMPUTER pun di jadikan Tuhan, MasyaAllah Nau’uzubillahtsumma Na’uzibillah minzalik.

      • Asstaghf mengatakan:

        Asstghfirullahal’azdim, betapa dangkalnya dogma yang telah di berikan kepada anda pak, lihatlah yang berikut ini,

        Kematian 11269Yudas yang Aneh.

        Orang Islam percaya bahwa bukan yesus yang mati disalib tetapi orang lain yang diserupakan seperti Yesus, mengingat Yahudi dan Tentara Romawi tidak tahu ttg bagaimna sih rupa Yesus sehingga mereka menyewa Yudas salah seorang dari murid 12 Yesus.

        Yudas berkata “yang kucium itulah dia”.

        Ada Ahli Islam yang mengatakan bahwa Yudas lah yang sebnarnya disalib, karena sebetulnya dia gagal menemukan Yesus yang sudah kabur duluan.

        Dugaan pertama, Yesus kabur duluan kemudian orang-orang disekitar situ, termasuk murid Yesus yang lain berteriak kepada Yudas (sudah direncanakan oleh Yesus dan Muridnya apa yang akan ditujukan kepada Yudas) bahwa “kamulah Yesus, kamulah Yesus”, sehingga orang yahudi pun ikut-ikutan percaya bahwa Yudas sebenarnya Yesus.

        Dugaan kedua, Yesus sudah meloloskan diri bersama murid yang lain tinggal Yudas dengan tangan hampa kembali kepada orang yahudi dan tentara romawi, mengatakan bahwa yesus sudah kabur, tapi karena kecewa dan jengkel, lha wong sudah jauh-jauh kok orangnya kabur, maka oleh mereka sudah deh si pembual ini (Yudas dianggap berdusta mempermainkan mereka) ditangkap sajalah.

        Ingat! kematian yudas diceritakan secara aneh oleh dua macam kitab dan bertentangan satu sama lain :

        Matius 27:5

        maka ia (Yudas Iskariot) mencampakan segala keping perak itu kedalam bait allah itu serta berjalan dan pergi menggantung diri”

        Paulus dan kisah para rasul 1:18

        adapun orang itu (Yudas iskariot) memperoleh sebidang tanah dari upah kejahatannya itu lalu jatuh terjerumus. serta terbelah dua, sehingga isi perutnya terurai.

        Keanehan atau pertentangan ini mudah saja dimengerti karena setelah Yesus (dianggap) ditangkap tentara romawi, murid yang ikut bersama yesus hanyalah Petrus, murid kesayangan Yesus saja, sedangkan lainnya kabur.

        Sementara penulis injil adalah Matius, Markus, Lukas dan Yohanes tidak ikut melihat. mereka keempat penulis injil ini hanya menduga-duga dari cerita/kabar burung orang yang beredar.

        Tidak ada bukti bahwa mereka mendapat berita dari Petrus ataupun pemberitahuan Roh Kudus. Karena ternyata terbukti bahwa penulis Injil Yohanes dan lukas adalah bukannya Murid Yesus ataupun bukan bersumber dari Roh Kudus.

      • jekzenronaldkewas77 mengatakan:

        Hmmm,, lagi2 anda hanya berargumentasi sepihak.. Jika anda memang meyakini bhwa Yudas adalah orang yg mati menggantikan Yesus maka jelaskan menurut pemahaman iman anda pak yaitu merujuk pada Al-Quran.. Coba buktikan bahwa nama Yudas ada dalam Quran ataupun minimal Hadits.. Tidakkah peristiwa yg begitu penting ini setidaknya dijelaskan secara JELAS dlam Al-Quran ataupun Hadits..? Jika tidak berarti keimanan anda tidak bergantung pada kitab suci anda sendiri..? Bukankah itu termasuk dlam rukun iman islam?

    • sudirman mengatakan:

      iy sangat setuju pak ..gk ad yamg berani juga pak debat langsung dengan beliau..

    • Dexter mengatakan:

      Gk sa bxk omong, jka kalian bisa membuktikan bahwa al.qur’an bukan firman allah dan hanya karangan manusia, coba kalian temukan kesalahan2 al.qur’an. Ayo apa ada yang tidak sinkron dr ayat ke ayat?
      bda dg kitab.mu yg i2 sdah dmdifikasi manusia brwjah setan, soal debat terbuka, percuma. kaum kristen cuma terbelalak gk bisa mnjwb kslahan2 ktbnya sendiri

  4. Lukas 16 Ayat 19 - 31 (orang Kristen Masuk Neraka) mengatakan:

    Kalo ente berani ajak aja lansung debat terbuka kristolog dengan Muhammad Yahya Waloni di gelora bung karno, hadirkan 2 kelompok muslim dan kristen. Muhammad Yahya Waloni pernah melayangkan surat undangan untuk berdebat kristolog ke PGI (Persekutuan Gereja Indonesia) tetapi tidak ada jawaban.

    • jekzenronaldkewas77 mengatakan:

      Hhhmmmm…
      Bukan soal berani atau tidaknya tapi dari berbagai pertimbangan terutama tempat yg diusulkan anda jauh dari tempat saya di Manado..

      Oh ya, bukankah pak Wahloni pernah domisili di Manado?

      Kalau ada kesempatan saya akan ajak pak Wahloni debat terbuka dengan saya di Manado.. :)

      btw, soal penolakan PGI itu bukan berarti PGI takut dgn beliau, tapi organisasi gereja tersebut memang tdak melayani perdebatan seperti itu. Banyak apologis dari kalangan pendeta, tapi dalam debat terbuka mereka tidak membawa nama gereja atau organisasi gereja..

      • Wahid mengatakan:

        Mungkin Takut semua Kebohöngan Yang telah di rintis terbongkar….

      • Wahid mengatakan:

        Sesungguh nya hanya orang Yg Mau saja ..yg Di beri Hidayah OLEH alLah S.W.T …. Wahai saudaraku Jgn lah Mengikuti Yg salah Kalau Ad Yg Benar…..

      • Asstaghf mengatakan:

        Saudara Jekzen, jika perkataan anda benar dan dapat di pertanggung jawabkan.Apakah anda bisa memberikan bukti untuk ( soal penolakan PGI itu bukan berarti PGI takut dgn beliau) atokah anda hanya mengarang saja agar memperhalus pembicaraan ini agar kelihatan benar-benar terjadi seperti yang anda katakan bahwa (organisasi gereja tersebut memang tdak melayani perdebatan seperti itu) apa bedanya sama juga bohong…! di tahun lalu aja sampai sekarang di asrama haji pondok gede Jakarta masih terbuka lebar untuk mengadakan forum itu namanya ARIMATEA…saya khawatir dengan anda ,maaf saya boleh curiga tapi tidak boleh menuduh…! seperti inikah Akhlak para penganut penganut Kristiani..? beraninya hanya dari belakang…yang dalam bahasa jawa di katakan..( Wani silet wedi rai) ato (beraninya dari belakang tidak berani dari depan) maaf hanya boleh curiga tidak boleh menuduh….

      • Asstaghf mengatakan:

        Dan anda harus tau pak bahwa siapakah sang penulis injil tersebut,

        Misteri Penulis Injil

        Orang Islam percaya bahwa Al Kitab yang didalamnya juga terdapat Injil sudah tidak asli lagi.

        Mereka buta, tidak mengetahui Al Kitab kecuali hanyalah dongengan belaka dan mereka hanya mengira-ngira.
        (Quran Surat Baqarah : 78)

        Ternyata kita temukan dalam Injil sendiri adanya isyarat bahwa penulis Injil yang sekarang beredar di toko-toko buku itu :

        bersumber pada cerita orang / kabar burung / isu.

        tidak ada peranan roh kudus

        Inilah buktinya :

        Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan firman. Karena itu setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dnegan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, supaya engkau dapat mengetahui segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar. (Lukas 1:1-4)

        Dari Injil Lukas terbukti bahwa dia menuliskannya setelah menyelidiki jadi bukan diwahyukan Roh Kudus.

        karena dia mengumpulkan cerita / kabar burung maka tentu saja cerita bisa benar bisa salah, ingat peribahasa ” titip uang bisa kurang, titip cerita bisa nambah”.

        Karena keanehan ini, tidak mustahil Injil / Kumpulan Cerita versi Lukas berbeda dengan cerita versi Matius dan juga kumpulan cerita versi Markus maupun Yohanes.

        Matius menulis

        Yesus berkata “janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu, janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, jangan kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat..” (matius 10:10)

        Markus menulis

        Yesus berkata “jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka kecuali tongkat, roti pun jangan, bekal pun jangan, uang dalam ikat pinggang pun jangan, boleh memakai alas kaki tapi jangan memakai dua baju. (Markus 6:8-10)

        Perbedaan yang lain meliputi jumlah malaikat yang menjaga kuburan, jumlah perempuan yahudi yang pergi kekuburan dan lain-lain. Klik disini.

        Sedangkan dari Injil Yohanes secara aneh pembaca akan dibingungkan dengan kata kita atau terjemahan Bible Inggrisnya adalah we. Apakah yohanes menyuruh Yahudi lain menuliskannya? Terus siapa? mengapa Yohanes tidak memeriksanya lagi?

        Ataukah memang benar sesuai pernyataan Lukas bahwa penulis Injil bersumber dari cerita / kabar burung yang beredar?

        Dialah murid yang memberi kesaksian tentang semua ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu bahwa kesaksiannya benar. (Yohanes 21:24)

        ***

        Ya keanehan, ya saling berbeda satu sama lain telah diakui oleh Peneliti dari kalangan Kristen sendiri.

        DR. Stras 1835 dalam Life of Jesus, menulis bahwa

        semua peristiwa yang berkenaan dengan biografi Yesus pada semua Injil dikutip dari khurafat (cerita) kaum penyembah berhala

        Prof Dreioz dari Jerman, Courtso dari prancis, Prousber, Vitoris, Matcheoru mengatakan Yesus hanyalah nama seorang pribadi khayalan belaka.

        Virar dalam life of Christ, menulis bahwa kelahiran yesus tidak dikenal dalam sejarah.

        Sementara Encyclopedia Britanica mengkritik keras riwayat injil yang menetapkan malam kelahiran yesus pada akhir tahun yang dihadiri para penggembala. kritikan itu mempertanyajkan bagaimana hal itu bisa terjadi lha wong pada bulan Desember di palestina turun hujan lebat.

        (sumber : Ahmad Idris, Sejarah Injil dan Gereja, Gema Insani Press, 1991).

        ***

        Tentang dongeng penyembah berhala silahkan baca dibawah ini :

        Christopher Isherwood dalam terjemahan Upanishads menulis :

        Sri Krisna disebut sebagai Kristus Hindu. sebenarnya terdapat persamaan-persamaan yang menyolok antara riwayat hidup krisna dalam Bhagavatan dan dalam kitab suci lkaoinnya dengan riwayat hidup yesus dari nazaret. Dalam kedua kasus tersebut, dongeng telah bercampur baur dengan kenyataan.

        Swami dalam bukunya Warum, mengenai kehidupan yesus berkata :

        Ajaran inkarnasi tuhan (Yohanes 1:14) logos atau firman, adalah salah satu teoriHindu-Arya dan orang hindu percaya bahwa banyak inkarnasi telah terjadi dan masih akan terjadi. Teori logos / firman / anak tuhan datang dari India melalui yunani dan melalui penulisan filsofYunani seperrti Heraklitus, Plato dan neo-plato. Sebagaimna dalam penulisan philo dan pengikut-pengikutnnya, keempat penulis injil menulis hal tersbut dalam kitabnya, sehingga ajaran ini diambil oleh gereja sebagai ajaran dasar.

        Tentang kematian Yesus yang mirip dengan kematian Budha, Th. J Plange dalam buku “Christus ein Inder?” menulis :

        Budha wafat dalam usia delapan puluh tahun. pada saat wafatnya terjadilah gempa bumi, meteor jatuh, matahari kelam, langit bergemuruh.

        Bandingkan dengan Matius 27:51 tentang matinya Yesus.

        dan Lihatlah tabir suci terbelah, dan terjadilah gempa bumi dan bukit batu terbelah.

      • sudirman mengatakan:

        saudara jekzen kembalilah kepada yang benar,jika anda ingin selamat,..?

  5. ameen mengatakan:

    Haduch,jgn mau di bohongi paulus boz..

    • peace may upon you mengatakan:

      kami tidak merasa dibohongi Paulus. Kenapa anda terus merasa kami dibohongi? Terserah apa yang anda katakan di atas, Tuhan kami bukan Tuhan yang perlu dibela dengan kata-kata. Yang dia inginkan supaya kami umatnya hidup rukun, damai sejahtera, bertobat dan mengasihi orang yang membenci.

      Iman kami bukan iman tulisan atau kata-kata, tapi iman yang sesungguhnya adalah iman yang terus dibarui melalui akal budi kami dengan bersandar pada hikmat Tuhan. Mengenai siapa itu Yudas, tentu kami yang lebih tau daripada anda-anda yang mengira yang disalibkan adalah Yudas.

      Apapun yang anda katakan tentang kami, kami tidak akan membalas dan tidak perlu ada debat terbuka seperti yang diminta Yahya Waloni, karena dia tidak tahu apa yang sedang diperbuatnya. Tuhan beserta kita :)

      Untuk menenangkan hati, mohon cek link di bawah ini. Link di bawah ini bukan link yang berisi hujatan ataupun firman. Link ini hanya merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda yang mempertanyakan siapa Yesus..

      http://www.youtube.com/watch?v=ydwuLx1hmgc

      • peace may upon you mengatakan:

        Satu hal lagi, kasih sayang Tuhan Yesus terbuka untuk semua manusia, termasuk orang-orang yang menganiaya dan membencinya. Ini yang tidak dapat saya jumpai pada sosok siapapun di muka bumi ini. Karena Yesus, yang adalah Allah, tidak bercela dan tidak bercacat. Apakah Anda mengerti hal ini? Tentu tidak, karena Anda tidak mengenalNya.

        untuk mengenalnya, mohon dicek link berikut ini

  6. mualaf mengatakan:

    Apakah pak mantan pendeta juga tidak pernah
    membaca dalam Kitab Mazmur bahwa
    manusia tidak dapat menyelamatkan diri
    sendiri?
    Mazmur 49:8-9
    49:8 Tidak seorang pun dapat membebaskan
    dirinya, atau memberikan tebusan kepada
    Allah ganti nyawanya,
    49:9 karena terlalu mahal harga pembebasan
    nyawanya, dan tidak memadai untuk selama-
    lamanya.
    Dan apakah pak mantan pendeta tidak pernah
    membaca bahwa hanya Allah saja yang dapat
    menyelamatkan manusia ?
    Yesaya 43:11
    Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat
    selain dari pada-Ku.
    Jadi dalam Alkitab alasan tersebut sudah
    sangat jelas seterang matahari, yaitu
    karena manusia tidak dapat
    menyelamatkan dirinya sendiri karena
    hanya Allah saja sang Juruselamat, dan
    karena kasih-Nya kepada manusia maka
    Allah menganugerahkan keselamatan
    lewat Yesus Kristus yang datang kedunia,
    menghancurkan tembok pemisah antara
    Allah dan manusia yaitu dosa, dengan
    menjadi korban penebusan darah Anak
    domba Allah dikayu salib supaya saya, pak
    Wahloni, dan semua manusia memperoleh
    keselamatan itu.
    Dan saya pikir jawaban dan penjelasan saya
    kepada pak Wahloni sudah sangat jelas
    seterang matahari.
    Apakah pak Wahloni memang tidak tau sama
    sekali atau sudah tau tapi iseng bertanya
    untuk menguji Alkitab?

    jika memang anda org hebat anda sarjana teologi jelasakan pada saya.
    apakah manusia tidak bisa memperbaiki dosanya?? apakah harus Tuhan.
    jika anda memang org cerdas harusnya anda menjadi atheis. knp??
    karena sekeras apapun anda berdoa sekeras apapun anda berusaha anda tidak tidak akan bisa menwbus dosa anda. brrti itu hnya sia-sia..
    brrarti anda harus menunggu Tuhan anda. yesus kristus anda turun menebus dosa anda.
    mulai skrang berhntilah berdoa itu hal sia sia untuk anda.anda hnya perlu mwnggu yesus anda disalib lagi..

    itu baru satu mohon dijawab nnt saya beri lg thax.

    • jekzenronaldkewas77 mengatakan:

      Manusia bisa membebaskan dirinya sendiri dari dosa..? TIDAK !! Jika manusia bisa membebaskan dosanya sendiri artinya keselamatan itu diatur oleh manusianya bukan TUHAN.. Artinya juga bahwa diri kita adalah juruselamat kita sendiri.. Ohhww, keksesatan seperti apa ini bung..? Malah justru mengarah ke atheisme yaitu menjadikan manusia sbagai Tuhan dan Juruselamat atas dirinya sendiri.. Boleh saya tanya, apakah islam punya konsep sperti ini bung Mualaf..?

  7. rasyid mengatakan:

    Semoga Islam Benar2 akan menjadi rahmatan lilalamin….pie memang orang2 kafir akan selalu menentang islam hingga akhir jaman….padahal mereka sudah tau kebenaran Islam,,,,kasian kasian kasian

  8. mantan pendeta mengatakan:

    Yoo sebelum terlambat, saudara jenkzenronaldkewas77 masuk islam dan dalami islam lebih lanjut agar mengerti keindahan dan kebenaran islam.. :)

  9. Bismillah mengatakan:

    sebenarnya kitab mana yang kalian imani…??
    toh ada 4 versi…. dan berbeda2 pula isi nya… ada pula pake perjanjian lama dan perjanjian baru.. (hellooooo emang pemerintahan ada orde lama dan orde baru)…
    Sementara Al-Qur’an, mulai dari wahyu terakhir turun sampek sekarang, hanya ada satu, tidak ada versi lain dan tidak diragukan kebenaran nya… gini aja deh… beli aja al-qur’an yang ada terjemahan nya.. baca baik2 dan pahami isi nya dan kau akan menemukan kebenaran yang tidak akan bisa kau sangkal… boleh kau bandingkan dengan alkitabmu… Allah itu ESA, Allah tempat bergantung/meminta, tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, tidak ada satu makhluk pun yang menyerupai-NYA.

    nah kalo kau jez, pasti mirip sama bapak atau mama kamu kan….?? (pasti ngertilah yang ku maksud).
    oiya.. coba deh kalo kamu lagi marah, coba deh basuh muka kamu 3x, tangan 3x (kanan duluan),
    rambut 3x, kuping 3x (kanan duluan), kaki 3x (kanan duluan). itu cara yang ampuh untuk meredakan emosi…

    trus sebenarnya cara beribadah kalian seperti apa sih…??? apakah bentuknya sama dengan umat kristen lain di seluruh dunia..??

    trus kenapa gereja itu berbeda2 peruntukkan nya… GKPI, HKBP, GBKP… ah banyak deh…
    dan orang manado, tidak boleh masuk gereja batak, begitu sebaliknya.. (pasti taulah jawabnya.. ya kan).

    itu aja untuk di renungkan jez….
    coba deh kau pelajari gerakan sholat kami.. cari2 aja refrensi… pasti banyak manfaatnya,,,, dan itu udah ada penelitian nya dan fakta…..

    trus kenapa lelaki dilarang memakai emas… itu ada dalam ajaran islam dan ada penelitian ilmiah nya.. bukan sekedar larangan dari Nabi Muhammad SAW.

    islam itu indah,,, mengajarkan semuanya.. mulai kita lahir sampai ke liang lahat…

    dalam Al-Qur’an juga menceritakan tentang terbentuknya alam semesta…
    tentu kau tau kan dengan teori BIGBANG… coba kau cari tahu tahun berapa teori itu ditemukan…
    Itu juga diceritakan dalam Al-Qur’an.. dan Al-Qur’an itu sudah ada sebelum teori itu ditemukan…

    Semua ada dalam Al-Qur’an….

  10. dragon mengatakan:

    Trus Ngapain beribadah,, pake nebus2 dosa dengan seper 10 lg, kya beli bombon aja dipasar, kan semua udah ditebus ma pak yesus dibunuh dikayu salib, masa tuhanxa dibunuh ga ada yg bela..

  11. basikal mengatakan:

    jakzen betul tu cuba kamu bandingkan alquran dengan bible mana yang kontradiksi alquran atau bible baru kamu berbicara ikut pandangan alquran atau bible contoh tentang kelahiran yesus menurut alquran macam mana kalau ikut bible macam mana kalau menurut aku aku dah bandingkan macam lagu madu dan racun

  12. reta lina mengatakan:

    Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.????

  13. zet mengatakan:

    yah…yg jelas, sesuai dgn keimanan saya sebagai pengikut Kristus dan saya sdh banyak belajar ttg Islam, siapa itu muhammad dan bagaimana agama Islam itu sebenarnya, dan saya tdk perlu memakaim istilah2 dgn teori panjang2 utk menjelaskan bagaimana islam itu dan siapa muhammad itu krn dgn memakai logika dan bahasa sederhana-pun saya mampu menjelaskan bagaimana agama islam itu sebenarnya:….Sebelum agama islam itu muncul dan tentunya jauh sebelum muhammad itu lahir, suku Quraisy yg notabene suku muhammad sgt menjunjung tinggi nilai2 utk menghormati agama orang lain, termasuk menghormati kaum Jahudi, kaum Kristen Najran dan agama suku2 lain, namun setelah muhammad lahir dan islam dijadikan agama resmi, semenjak itulah peperangan demi peperangan muncul, bagaimana Muhammad cs menyerang kaum Quraisy yg notabene sukunya sendiri, tidak hanya itu saja muhammad cs juga menyerang kamu jahudi dan kaum nasrani najran dan termasuk suku2 lainya di tanah arab purba yg mayoritas kaum pagan (penyembah dewi bulan, al ata, al uza dan al manat, bahkan penduduk mekkah pada waktu itu menyembah 360 berhala dan salah satunya bernama al ilah)..khusus suku quraisy mereka menyembah dewi bulan (utk itulah mengapa kubah masjid2 bagian atasnya terkadang ada simbol bulan dan bintang, dan orang Arab waktu itu menyebut tuhan pagan mereka dgn sebutan allah krn allah secara etimologi berasal dr bhs Arab utk menyebut zat yg maha tinggi)..Muhammad cs berani menyerang dan membunuh mereka yg tidak sependapat dgn muhammad dan ajarannya krn muhammad mendoktrin dgn ayat2 quran yg konon itu adl perkataan alloh sendiri (lihat: ayat2 pedang/perang: (Q.9:123), (Q.8:12), (Q.2:191) dan (Q.9:14)).

  14. zet mengatakan:

    Dan saya sekarang akan merangkum pertanyaan2 dari muslim berkenaan dgn seputaran dogma kristen di berbagai postingan dan pertanyaan2 dr pihak muslim ini kebanyakan pertanyaan2 yg menurut saya adl CACAT LOGIKA

    Saya tidak membuat penjelasan utk menghina islam. Kesalahan atau kebenaran Kristen tidak pernah saya bawa dalam setiap tulisan saya untuk Islam. Saya membuat penjelasan ini untuk menunjukkan seberapa anehnya logika muslim yang hancur lebur yang menyerang kekristenan demi melakukan pembenaran bagi Islam dan Muhammad.

    Dalam diskusi di berbagai postingan ataupun di FB yang mengkritik islam, rekan2 muslim paling “hebat” kalau membuat argumen2 OOT (Out Of Topic) ke kekristenan. Muslim tidak peduli apapun topik yang sedang dibahas…, mereka akan selalu membuat statement2 yang itu2 saja yang mendiskreditkan Kristen, seperti:

    “Memangnya Yesus itu Tuhan? Yesus tu bukan Tuhan tau, dia cuma nabi”
    “Tuhan kok bisa mati digantung di tiang jemuran?”
    “Tuhan kok matinya porno amat cuma pake kolor?”
    “Yesus kan homo makanya enggak pernah menikah”
    “Apaan tuh trinitas, Tuhan kok ada 3, sejak kapan 1+1+1=1”
    “Alkitab tu kitab porno… Gimana kalo ada anak kecil baca kitab Kidung Agung?!”
    “Paulus tu penyesat tau. Yesus enggak pernah minta disembah sebagai Tuhan, itu karangan Paulus si penyesat”
    “Alkitab tu sudah dirubah-rubah isinya. Alkitabmu yang sekarang kamu baca itu udah palsu tau, nggak asli lagi”
    “Para romo dan suster kan bercabul ria di dalam gereja”
    “Kresten kalo ke gereja kan nggak sopan, pake baju yang seksi2 dan pake sendal… Nginjek tai dari jalan pun dibawa masuk ke dalam gedung gereja”

    Otak muslim sudah disetting otomatis jika menemukan kritik tentang Islam & Muhammad… tak peduli apapun kritiknya… argumen2 mendiskreditkan kekristenan seperti yang saya tulis di atas itu akan selalu dikeluarkan oleh mereka.

    Ini jelas merupakan fallacy (cacat logika).
    SEKALIPUN KRISTEN ITU JELEK/SALAH, SAMA SEKALI TIDAK SERTA MERTA BERARTI ISLAM JADI BENAR.

    Perhatikan beberapa contoh disini untuk memahami betapa tidak nyambungnya argumen muslim tersebut dengan kritikan non-muslim untuk Muhammad:

    Muslim: “Memangnya Yesus itu Tuhan?”
    Miki: “Yah.. OK, Yesus bukan Tuhan. Lalu kalau sudah begitu, apakah perbuatan Muhammad yang birahi terhadap anak kecil 9 tahun itu lalu berarti jadi benar?”

    Muslim: “Tuhan kok bisa mati digantung di tiang jemuran?”
    Miki: “Yah.. OK, yang mati digantung di tiang jemuran itu bukan Tuhan. Lalu kalau sudah begitu, apakah Muhammad yang bernafsu terhadap Zainab yang merupakan menantunya sendiri itu jadi benar dan bagus?”

    Muslim: “Tuhan kok matinya porno amat cuma pake kolor?”
    Miki: “Yah.. OK, tuhan itu matinya porno cuma pake kolor. Lalu kalau sudah begitu, apakah perbuatan Muhammad yang menyetubuhi Mariah bin Kuptiah yang merupakan budak dari istrinya itu membuat muhammad jadi benar dan apa itu tidak menjijikkan?”

    Muslim: “Yesus kan homo makanya enggak pernah menikah”
    Miki: “Yah.. OK, Yesus itu homo. Lalu kalau sudah begitu, apakah perbuatan Muhammad yang membantai lelaki suku Uraina, kristen najran dan jahudi itu tidak lebih biadab?”

    Muslim: “Apaan tuh trinitas, Tuhan kok ada 3, sejak kapan 1+1+1=1”
    Miki: “Yah.. OK trinitas itu kacau balau. Lalu kalau sudah begitu, apakah perbuatan Muhammad yang mengijinkan tentaranya untuk memperkosa para wanita yang ditawan dalam penyerangan2 yang dilakukan muslim itu jadi benar dan tidak keji?”

    terus ada yg lucu lagi…

    Muslim suka sekali mengatakan bahwa Alkitab Kristen telah dirubah-rubah. Namun ketika diberi pertanyaan balik, Alkitab seperti apakah yang belum dirubah, muslim malah dengan percaya dirinya mengatakan bahwa kafir Kristen yang harus menunjukkan Alkitab yang asli.

    Ini argumen yang jelas bikin orang ketawa sampai mules.
    Dimana-mana jika ada seorang pendakwa, maka si pendakwa inilah yang harus menyertakan bukti untuk dakwaannya bukan yg dituduh.

    Begitu juga ketika muslim menuduh bahwa Alkitab Kristen itu sudah dirubah dan palsu, muslim harus bisa menyertakan bukti Alkitab seperti apakah yang asli dan tidak berubah, sehingga bisa kelihatan di bagian mana sajakah Alkitab itu telah dirubah. Bukannya malah menyuruh si tertuduh (yaitu org Kristen) untuk menyediakan Alkitab yang belum dirubah.

    Lha wong muslim yang menuduh kok malah org Kristen yang disuruh membawa bukti.
    Edan memang.

    trus ada lagi yg seru ini…

    Muslim suka sekali memposting link-link video ataupun link-link artikel yang menceritakan perbuatan mesum yang diperbuat oleh para pemimpin gereja di jaman ini.

    Rupanya muslim tidak paham bahwa ini pun merupakan cacat logika.

    Jika ingin melakukan perbandingan kritik, tentulah obyek yang diperbandingkan harus sebanding, Apple to Apple.

    Tapi yang dilakukan oleh rekan2 muslim itu bukan melakukan perbandingan “Apple to Apple” melainkan “Apple to Pineapple”.

    Ketika Muhammad dikritik sebagai manusia amoral, muslim dengan sigapnya akan mengajukan kritik balik yang disangkanya merupakan kritik sebanding yaitu dengan cara mengkritik Paus Katolik/Uskup/Biarawan & Biarawati yang dikatakannya hidup amoral.
    Memang para Paus dan Uskup dan Biarawan/Biarawati itu adl manusia biasa wajar kalau seperti itu tetapi mereka tdk mengaku diri mereka sbg nabi sebagaimana Muhammad mengaku nabi?

    Pertanyaanya adl Apakah para pastur, biarawati seperti di atas merupakan teladan hidup sempurna bagi orang Kristen ? sebagaimana Muhammad adalah panutan hidup terbaik bagi setiap muslim?

    Membuat perbandingan kritiknya saja sudah salah pilih obyek… namun PD-nya minta ampun, disangkanya dengan demikian sudah berhasil membuktikan bahwa Islamlah yang benar dan Kristen yang buruk.

    Semestinya jika muslim ingin mencounter kritik terhadap Muhammad yang amoral, coba cari dan temukan kisah hidup Yesus yang amoral di Injil, maka barulah ini merupakan pembandingan yg seimbang atau Apple to Apple yang benar dan dapat diterima oleh logika sehat

    trus ada lagi…

    Muslim suka sekali mengatakan bahwa Alkitab sekarang itu palsu dan telah dirubah-rubah, dengan mengajukan argumennya yaitu terjemahan LAI yang berbeda-beda, begitu pula dengan adanya beberapa versi terjemahan Alkitab.

    Apakah beda terjemahan itu berarti memalsukan Alkitab?

    a. Misal: kata “listen” dan “hear” → diterjemahkan sebagai “mendengar” dalam Bahasa Indonesia, sekalipun “listen” secara penggunaannya memiliki arti yang berbeda dari “hear”.

    Apakah jika dalam satu kalimat kitab, ada kata “listen” yang diterjemahkan sebagai “mendengar” dan dalam kalimat lain ada kata “hear” yang juga diterjemahkan sebagai “mendengar” maka ini berarti terjadi pemalsuan terhadap kitab tersebut?

    b. Jika menterjemahkan berarti memalsukan dan memelintirkan arti, maka Quran pun berarti telah dipalsukan pula. Toh Quran pun mengalami proses terjemahan demi bisa memahami makna huruf2 Arab tesebut.

    Tanpa terjemahan, bisakah muslim memahami Quran dalam bahasa Arab?
    Jika dikatakan tidak perlu terjemahan, cukup belajar saja Bahasa Arab kemudian baca Quran berbahasa Arab tanpa perlu terjemahan…
    Lah memangnya waktu proses mempelajari Bahasa Arab itu tidak melalui proses pemahaman terhadap bahasa sendiri lebih dahulu? Sama saja kan harus melalui proses menterjemahkan ke dalam bahasa yang kita pahami.

  15. zet mengatakan:

    Dan ada yg aneh bin lucu lagi, saya membaca situs2 islam yg mengatakan bahwa Yesus seorang muslim sejati dan ajaran Yesus adl ajaran islam yg hakiki yg telah dirusak oleh ajaran Paulus…terus saya jadi berpikir ..”Kalau tahu begitu mengapa umat islam tdk mengikuti Yesus saja, malah mereka mengikuti ajaran tukang kawin dari Arab itu ???” Dan ada yg aneh dan lebih lucu lagi, kaum muslim mengatakan bahwa kedatangan Muhammad telah diramalkan dlm Injil, tetapi lucunya.. Kenapa umat islam menganggap dan menuduh Injil telah dipalsukan??”, mengapa mereka msh tetap mencomot ayat2 dalam Injil utk membuktikan kedatangan Muhammad yg note bene Injil sdh dipalsukan ??? Tanya Kenapa ??

  16. Fajar R.A mengatakan:

    knp kalian berdebat, kebenaran itu hanyalah milik Allah semata namun kita manusia dapat berusaha mencari kebenaran tersebut, apabila kita gundah maka mintalah pentunjuk pada hatimu. untukmu agamamu untukku agamaku kawan, damai itu indah. Soal akidah kita memang berbeda, saya bukanlah seorang yg faham agama dengan mendalam namun sebagai seorang muslim yg saya tau kelak tiap orang akan mengetahui kebenaran itu ketika nyawanya udah sampai pada kerongkongan namun dikala itu terjadi sia-sialah smua pertobatan kita karenanya bekal yg akan kita bawa nnt hanyalah amal kebaikan yg kita lakukan selagi masih hidup, mohon maaf apabila ada salah kata wassalam

  17. my name is squall mengatakan:

    benar2 orang gila yang nulis ini .. sudah tau salah gak mau ngaku .. astagfirullah ..

    • jekzenronaldkewas77 mengatakan:

      Justru sebalkinya pak Squall, disini belum ada muslim yg membahas subtansi tulisan tanggapan saya terhadap ajaran Yahya Wahloni.. Yang ada hanya seperti ini :

      “Pak Yahya tidak mungkin salah, dia kan mantan pendeta, jago bahasa ibrani, dsb..”

      Hehehee, jika mmg dia benar dan saya salah maka buktikan ajarannya itu benar dengan membuktikan bhwa tulisan saya diatas salah dan pak Wahloni benar.. Belajarlah untuk logis dalam menilai segala sesuatu pak, dan jangan hanya mengandalkan sikap fanatik buta.. :D

  18. pencari kebenaran sejati mengatakan:

    aq mau tanya serius tanya! kata pak yahya pendeta yang faham bahasa ibrani d Indonesia cuma da 3 slh satunya dan satu2nya yg masih hidup cuma beliau seorang. benarkah demikian? sedangkan bahasa asli perjanjian lamakan bahasa ibrani! pa gag da pendeta laen yg bisa?

  19. inanis pluvia mengatakan:

    Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.(matius 7:21)

    mungkin Bapak M. Yahya Wahloni waktu itu lupa dengan ayat tsb diatas :)

    Alkitab itu penuh dengan penggambaran, perumpamaan, ilustrasi, tetapi adalah aneh untuk seorang STH jika “lupa” dengan hal tsb :)

    saya doakan Bapak Yahya Wahloni & keluarga agar sehat sehat semua, dijauhkan dari segala macam penyakit, semakin baik rejekinya, dan selalu hidup dalam damai sejahtera

  20. wilson mengatakan:

    Kalo cuma bikin artikel anak SD juga bisa (ngarang), mending ajak debat aja langsung sama pk.yahya ny .bukan di gereja bukan di masjid Di istora senayan .

  21. aladeen mengatakan:

    “Kami tetap beriman”
    Pasti ujung2 nya bilang gitu .pk.yahya sempat bilang :
    “Buat apa allah s.w.t menciptakan neraka kalau gk Ada isinya”
    Buat sodara Muslimin “allahuakbar!!!”

  22. Lasdy Banjarnahor mengatakan:

    Astagh,..,.,Jangan anda seolah” Hakim yang dikirim oleh TUhan, Yang mengerti semuanya tentang alkitab, Taukah kamu bahwa waduk ayau kolam atau Danau yang terluas pun tidak akan dapat mampu menampung semua isi air Laut,.,,.,.jadi pergunakanlah air laut itu untuk membuat garam,,dan habitat Ikan untuk kamu makan, agar kamu dapat berbuat kebaikan kepada sesama,, bukan hanya ke sesama islam, dan berbuat baiklah kamu kepada orang yang kamu anggap kafir sekalipun,,, agar kamu mendapat pahala dari Tuhanmu, dan lakukanlah apa yang diajarkan kitab sucimu,,
    amin,,Tuhan yesus Memberkatimu

  23. hendra mengatakan:

    Bukti nyata tsb yaitu Tindakan pendeta2 kristen spt Anish Shoros yang memalsukan AlQuran. Kalo Kristen yakin bahwa Islam itu Sesat, kenapa AlQuran harus dipalsukan??
    Sementara di sisi lain, Tidak ada satu pun Kyai/ustadz dari pihak muslim yang memalsukan Bible.. Yang suka memalsukan Bible adalah pendeta2 kristen itu sendiri..
    Alasannya sih Merevisi Bible, tapi pada faktanya mengubah isinya dengan sangat berani. Seperti 1 contoh, mengganti BABI mjd BABI HUTAN.. Jadi anehnya pendeta, Bible sudah palsu, masih dipalsukan lagi dan dilakukan secara terus menerus.. Bukan utk menyesatkan Umat Islam tapi justru menyesatkan umat kristen itu sendiri terutama yg msh awam, baru belajar agama..

  24. sayang Muhammad mengatakan:

    “Jagalah penismu, kecuali terhadap istri dan pelayan-pelayanmu.” (QS 23:5-6)

  25. gak dong mengatakan:

    Sama om, saya bahkan meragukan pengakuannya sebagai pendeta…
    Saya mantan guru sekolah minggupun tidak sedangkal itu pemahaman sy thd Alkitab..
    sedikit menggelitik dari pah yahya waloni…

    dia berkata waktu Kristen dia berdoa jingkrak-jingkrak bertepuk tangan 5-6 jam, dan faktanya umat GKI sangat anti dengan jingkrak-jingkrak dan tepuk tangan…
    terus dia gak bisa jelaskan asal munculnya Kristen…
    gak bisa jelaskan mengapa Yesus di sunat…
    gak tahu tentang sejarah para nabi….
    gak bisa menjelaskan ayat Alkitab secara benar…..

    buat saya ini adalah sebuah pertanyaan besar….
    terus terang bapak ini adalah pembohong besar…. saya sudah dengar semua yang di bicarakannya, tapi semua itu salah…. tentang mengapa Yesus di sunat, dia tidak mengerti, mengatakan cuma 3 orang yang bisa bahasa ibrani, saya bahkan mengenal ratusan…. justru dia jauh lebih bisa menjelaskan Alquran dari pada Alkitab… saya lagi coba mengetahui latar belakang bapak ini siapa…. dan sedikit info, bapak ini tidak pernah jadi rektor di papua di UKIP sampai tahun 2004..padahal UKIP baru berdiri tahun 2005…kayaknya memang cuman orang cari popularitas aja….

  26. yrc mengatakan:

    @astagahf :
    Hahahaha, mas mas, dibohongi sama penjual agama mau saja. Anda sendiri tidak mengerti konsep Trinitas itu apa.
    Sekarang boleh saya tanya? Kenapa harus ada tuhan kakek nenek, dsb? Kenapa anda mengatakan Trinitas harus jadi tetranitas, dekanitas, dsb?

    Sekarang saya minta anda pikir dengan akal sehat…
    Apakah hitler bisa dijadikan Nabi?

    Apakah kefasihan bahasa Ibrani Yahya bisa dibuat menjadi ‘kelebihan’ sesorang yang mengaku dirinya muallaf.

    Lihat salah satu kata menarik yang Yahya Waloni ucapkan :
    “Saya istri dua, tapi saya katakan kepada pendeta, saya tidak berzinah”
    apakah orang yang waras akan berkata seperti ini? Sekilas dia berpoligami agar tidak dosa saat ia memuaskan syahwatnya. Dia mengatakan orang Kristen ‘gila’. Padahal sebenarnya, dapat dibilang pengikut orang yang membunuh, merampok, yang mengatakan dia sendiri melihat malaikat tanpa ada saksi selain dia itu tidak ‘gila’.

    Ini memang argumen favorit orang muslim. Mengatakan bahwa akal mereka itu lebih sehat dan orang kristen itu dogmatis.

    Kalau anda mengatakan dogma Kristen dangkal, dimanakah yang dangkal? Kenapa anda membeela penipu yang memang penipu? Apakah Quran tidak cukup membuktikan kebenaran islam? Kenapa perlu SEKALI mantan pendeta belajar ibrani.

    Saya bilang dogma SHARIA itu bagi orang2 yang tidak memakai akal sehatnya.
    Akal sehat menurut anda apa? apakah ajaran islam? atau kristen, budha, ateisme, dsb?

    Isi dogma sharia saja sebenarnya ketidakadilan sosial, di mana non muslim tidak boleh memerintah di dunia, dan mengapa harus pakai hukum agama, jadi anda memaksa orang non islam menaati hukum islam yg jelas2 berbau agama.

    Dan yang membuktikan percakapan Yudas dan Yesus itu apa? apakah ada di Quran? saya pernah melihat Ahmed Deedat yang shia atau sunni mengatakan Yesus disalib, tetapi tidak mati.
    Yang benar yang mana?

    Dan apakah orang yang bertobat akan sombong berkata saya lebih baik dari pendeta, dan mengatakan orang2 yang tulus mencari TUHAN, tetapi beragama lain GILA? Wah wah wah, mending ga usah pindah agama.
    Tapi tahu tidak kenapa anda begitu membela Yahya Waloni? Karena dia menjelekkan agama lain yang memuaskan emosi anda. Tolong pikir dengan akal sehat. Yang sebenarnya benar2 muallaf itu orang seperti Felix Siauw, dia benar2 tulus muallaf, bukan hujat-hujat yang lain.
    Ahmed Deedat dengan kombat kit nya saja ngutip ayat maksa maksa sekali. Sama dengan ateis yang mengutip ayat2 suci anda…hahahaha

    Jujur lah saya udah malas debat sama orang kayak Yahya, tapi kalau mau di soc med, silahkan saya layani, dengan mokoginta dan irena juga boleh.
    PGI ga perlu debat sama orang yang bilang mereka ‘gila’ kan?

    aduuuh, adi sena mah jangan diomong, Jusuf Roni juga.

    Dan yang menarik dari pernyataan anda tentang injil Lukas hanyalah isu, ini argumen orang atheis. Jadi apakah kita perlu mengatakan injil Barnabas adalah isu juga? Bisa saja Quran hanya isu, dan sesat pikir anda adalah membuktikan itu adalah isu dari hal yang anda anggap itu isu, sehingga bisa saja Lukas tidak menulis kata2 itu, dan argumen anda bisa saya pakai pada Muhammad yang mengklaim dirinya melihat malaikat, karena bisa saja malaikat itu iblis yang menyamar, yang mengatakan itu malaikat adalah istri muhammad.

    Itulah orang fanatik sempit. Standar ganda dimana2

    Benci liberal, tapi tafsir alkitab secara liberal.
    Bilang injil tidak otentik, tetapi bilang injil yang jelas2 salah seperti barnabas otentik

    Maaf, tapi apakah anda menganggap Quran itu turun dr langit? Bukankah itu surat2 yang ditulis oleh pengikut-pengikut Muhammad? Jadi bisa saya balikkan lagi argumen anda, apa yang menyebabkan anda yakin, apa bukti otentik, itu bukanlah rekayasa pengikut muhammad memanfaatkan nabi Muhammad untuk keuntungan mereka sendiri.

    QS 15:9 tidak bisa anda pakai, karena itu argumen sirkular.
    TUHAN sudah tidak kuat jadi perlu pengorbanan dia bilang?
    Saya bilang TUHAN sudah tidak adil, jadi tidak perlu ada tebusan dosa.

  27. meyers antou mengatakan:

    kita(manusia) adalah ciptaan TUHAN dan TUHAN adalah pencipta kita(manusia)
    sebuah contoh:
    motor (manusia)
    manusia(TUHAN)
    manusia(TUHAN) membuat motor(manusia) jadi ada penciptaan dan yang di ciptakan nah
    kalau motor (manusia) tersebut rusak siapa yang akan memperbaiki nya apakah motor(manusia) bisa memperbaiki diri nya atau
    motor membuhtuh kan manusia(TUHAN)

  28. tony mengatakan:

    kl mulai dari nol sprti yg anda ktkn berarti dosa anak manusia blm ada atau fitrah dlm avama islam

  29. hamba ALLAH mengatakan:

    Yohanes 1:1

    Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama- sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

    cermati ayat ini, ini tdk msuk akal…

    pada mulanya firman, firman adalah yasus bukan?
    pada mulanya yesus, berarti yesus terpisah dengan Allah…
    Firman (Yesus) itu bersama Allah,(yg tadinya terpisah menjadi bersama-sama)
    Firman (Yesus) itu adalah Allah. (mana bisa)

    coba cermati dari yg tadinya menjadi terpisah, kemudian bersama-sama, lalu menyatu. (gk msuk akal)

    bisa d kiaskan, pada mulanya adalah saya, saya bersama dengan kakak saya, dan kakak saya adalah saya. (tidak akan bisa begitu)

    kalau tuhan mempunyai kepribadian tiga tidak akan bisa mengatur dunia.

    Tuhan yg satu ingin dunia spt ini
    Tuhan yg satunya lg ingin dunia spt ini
    Tuhan satunya lagi ingin dunia spt ini

    Tuhan tdk akan musyawarah dulu untuk mnentukan dunia

    kalau tuhan itu esa atau hanya satu inilah yang benar
    dunia tidak akan kacau…

    • jekzenronaldkewas77 mengatakan:

      @Hamba,
      Wajar saja jika anda berkata bhwa ayat itu tdak masuk akal karena anda bersandar pada cara pandang anda ini :

      1. Tidak mengimani Alkitab
      2. Islam tidak mengenal konsep kejamakan dari pribadi TUHAN yg ESA.

      Nah soal Yoh 1:1 itu berbicara ttg kejamakan pribadi Tuhan sbg Allah Bapa dan Firman (Yesus) yg memang sudah ada sejak awalnya. Itulah kejmakan pribadi Tuhan, namun sayangnya islam tdak mengenal ini. Bahkan Quran jelas melarang muslim untuk membicarakan hakekat (dzat)nya Allah.

  30. jekzenronaldkewas77 mengatakan:

    Akibat tdak diperbolehkannya umat islam mengenal hakekatnya Allah, maka kalian sering kebingungan soal pengenalan akan Allah. Makanya ketika dlam Quran memuat kata2 yg menandakan kejamakan seperti kata “kami”, bnyak sarjana muslim merujuk pada Alkitab Kejadian 1 (kata: KITA) untuk mencari alasan yaitu dari gaya bahasa yg disebut Plural of Majestic. Tapi yg ironisnya yaitu islam menganut konsep monotheisme mutlak, tapi kok alasan gaya bahasanya contek dari Alkitab yg jelas2 mengenal kejamakan dari TUHAN (?)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s